Pengertian Debit dan Kredit

“Luca Pacioli” adalah bapak akuntansi dunia, yang menemukan konsep sistem entri ganda dalam proses pembukuan. Sesuai sistem ini, setiap transaksi bisnis memengaruhi dua sisi akun, yaitu debit dan kredit.

Transaksi bisnis adalah peristiwa yang memiliki dampak moneter pada laporan keuangan dalam suatu organisasi. Ketika menghitung transaksi dalam sistem pembukuan ganda, Anda akan mencatat angka dalam dua akun, di mana kolom debit di sebelah kiri dan kolom kredit di sebelah kanan.

Definisi Debit

Kata debit berasal dari kata Latin “debere” yang berarti ‘berhutang.’ Ini adalah entri yang dibuat di sisi kiri akun buku besar. Ini adalah entri akuntansi yang diposting ketika ada penambahan dalam aset, biaya, dan kerugian atau pengurangan pendapatan, keuntungan, kewajiban, dan ekuitas pemilik.

Jika sisi debit dari akun melebihi sisi kredit, itu dianggap sebagai saldo debit. Untuk individu Non-Akuntansi, debit mengacu pada jumlah yang ditarik atau dikurangkan dari rekening bank tertentu.

Definisi Kredit

Kata kredit berasal dari kata Latin “credere” yang berarti ‘untuk mempercayakan.’ Ini adalah entri yang dibuat di sisi kanan akun buku besar. Ini adalah entri akuntansi yang diposting ketika ada tambahan pendapatan, keuntungan, kewajiban dan ekuitas pemilik atau pengurangan aset, biaya, dan kerugian.

Jika sisi kredit dari akun melebihi sisi debit, itu dianggap sebagai saldo kredit. Untuk Individu Non-Akuntansi, kredit mengacu pada jumlah yang ditambahkan ke rekening bank tertentu.

Membedakan Debit dan Kredit Dalam Akuntansi

Setiap kali transaksi akuntansi dibuat, setidaknya dua akun selalu terpengaruh yaitu entri debit dicatat pada satu akun dan entri kredit dicatat terhadap akun lainnya. Tidak ada batas atas jumlah akun yang terlibat dalam transaksi namun minimum tidak kurang dari dua akun.

Total dari debit & kredit untuk setiap transaksi harus selalu sama satu sama lain, sehingga transaksi akuntansi selalu dikatakan “dalam keseimbangan.” Jika suatu transaksi tidak seimbang, maka tidak mungkin membuat laporan keuangan. Dengan demikian, penggunaan debit & kredit dalam format pencatatan transaksi dua kolom adalah yang paling penting dari semua kontrol atas akurasi akuntansi.

Berikut adalah grafik perbedaan antara debit dan kredit :

 

Dasar Perbandingan Debit Kredit
Pengertian Debit adalah entri yang dicatat ketika ada peningkatan aset atau penurunan kewajiban dan ekuitas pemilik Kredit adalah entri yang dicatat ketika ada penurunan aset atau peningkatan kewajiban dan ekuitas pemilik.
Penempatan Sisi Dalam Buku Besar Kiri Kanan
Rekening Pribadi Penerima Pemberi
Akun Neraca Pemasukan Pengeluran
Akun laba Rugi Semua biaya dan kerugian Semua pendapatan dan keuntungan

Ringkasan Perbedaan Antara Debit dan Kredit

  • Debit mengacu pada sisi kiri akun buku besar sedangkan kredit berhubungan dengan sisi kanan akun buku besar.
    Dalam rekening pribadi, penerima didebit sedangkan pemberi dikreditkan.
  • Apa pun yang masuk, didebit dalam akun neraca, sementara apa pun yang keluar dikreditkan di dalamnya.
  • Untuk laporan laba rugi semua pengeluaran dan kerugian didebit, namun, semua pendapatan dan keuntungan dikreditkan.
  • Peningkatan debit disebabkan oleh kenaikan cash, inventaris, pabrik dan mesin, tanah dan bangunan, pengeluaran seperti gaji, asuransi, pajak, dividen, dan lain-lain. Peningkatan kredit ini disebabkan oleh kenaikan dana pemegang saham, biaya keanggotaan, pendapatan sewa , laba ditahan, hutang, dan lain-lain.

Kesimpulan

Debit & Kredit keduanya mengacu pada dua tangan dari tubuh yang sama yaitu akuntansi. Dalam akuntansi, kedua hal ini sangat penting karena setiap transaksi mempengaruhi keduanya sehingga tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Jika debit bertambah, kredit berkurang dan jika kredit naik, debit berkurang. Total sisi debit harus dihitung dengan total sisi kredit.

Untuk lebih memudahkan Anda dalam melakukan pencatatan transaksi dan membuat laporan keuangan yang cepat dan akurat, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Software ACCURATE. Aplikasi ACCURATE sendiri adalah software akuntansi berbasis desktop yang sudah banyak digunkanan berbagai UKM sampai perusahaan besar. More Info -> Software ACCURATE