12 Rahasia Memulai Usaha yang Harus Diketahui Pengusaha Pemula

Memiliki impian untuk memulai usaha sendiri adalah impian banyak orang yang ingin membangun sebuah usaha. Namun tidak semua orang mengetahui cara-cara terbaik sebelum mereka memulai usaha. Banyak yang beranggapan untuk membangun sebuah usaha yang besar harus dengan modal yang besar juga. Namun Anda bisa memulai bisnis dengan modal pas-pasan atau tanpa berhutang.

Modal memang diperlukan, tapi tidak semua bisnis besar berawal dari modal yang besar. Terkadang para pendiri bisnis benar-benar berbisnis dengan modal materi yang pas-pasan. Jangan jadikan modal materi sebagai hambatan Anda untuk memulai usaha. Berikut beberapa rahasia penting dalam membangun usaha.

Bermula dari Mimpi

Mimpi disini bisa disimpulkan “keinginan, impian, harapan.”

Saya yakin, saat seorang mempunyai mimpi dalam kehidupannya, itu merupakan tanda baik. Keinginan serta harapan begitu bakal tertanam dalam otak, pikiran serta jiwa. Dalam teori wirausaha, sebuah mimpi adalah awal dari satu kebangkitan untuk dapat mencapai sukses. Dengan memulai usaha, menjadi jalan Anda untuk meraih mimpi untuk menjadi seorang pengusaha sukses.

Renungkan, saat Anda memiliki impian untuk jadi seseorang pebisnis sukses.

Dengan otomatis, dengan sendirinya hati Anda juga akan terpacu hingga selalu memikirkan bagaimana caranya supaya dapat mewujudkan mimpi itu.

Bila mimpi Anda hari ini yaitu menginginkan mempunyai usaha sendiri, jadi ini yaitu langkah awal Anda jadi seseorang entrepreneur sukses.

Menetapkan Ide atau Jenis Usaha

Pertanyaan awal yang juga akan keluar saat sebelum mengawali suatu usaha yaitu “usaha apa yang akan saya lakoni? ”. Ya, biasanya pertanyaan semacam ini sering kali terlintas di pikiran beberapa pebisnis muda atau pebisnis pemula yang menginginkan sekali menjalani suatu usaha pertama mereka.

Memang menjadi kewajiban yang penting dalam memastikan jenis usaha apa yang barangkali dapat dikembangkan ke depannya. Pastinya Anda mesti menyaksikan kesempatan apa yang bakal memberi keinginan serta prospek bagus untuk kelancaran serta perkembangan usaha Anda.

Sebaiknya juga anda mulai satu usaha yang sesuai sama ketrampilan dan kesukaan Anda seperti langkah mulai bisnis kuliner. Karna sangatlah utama untuk menyukai usaha yang juga akan Anda bangun, supaya Anda tidak mudah menyerah kedepannya. Pastilah Anda semakin lebih mudah dan menjalankannya dengan senang hati apabila usaha itu adalah jenis usaha yang sesuai sama kesukaan serta kemampuan Anda.

Tetapkan Tujuan, Visi beserta Misi

Senantiasa ada tujuan dibalik satu perbuatan bukan? Demikian halnya dengan usaha yang anda rintis tersebut. Miliki visi dan misi yang pasti juga poin perlu dalam mulai suatu usaha, supaya nanti anda dapat fokus dengan misi serta maksud awal di bangunnya usaha ini. Biasanya beberapa pemula tidak berhasil karna mereka tidak punya arah yang jelas, serta pada akhirnya menyerah saat itu juga. Ini akan menyebabkan banyak kerugian, padahal Anda di haruskan masih berjalan sesuai tujuan di awal mendirikan usaha itu.

Lakukan Survei Tingkat Persaingan

Sesudah Anda usai dengan beberapa poin penting di atas maka Anda mesti melakukan survei lebih dahulu. Hal ini perlu mengingat menjamurnya beragam usaha yang sudah ada saat ini, baik usaha kecil sampai yang bertaraf besar. Lakukan survei juga akan memberi Anda deskripsi seberapa efektif usaha yang akan Anda lakoni itu dan seberapa besar kesempatan kesuksesan usaha Anda kedepannya. Coba mempelajari di lapangan seberapa banyak usaha yang sama dengan usaha yang Anda bangun.

Gali informasi sedalam – dalamnya mengenai bagaimana keunikan serta mutu produk, harga yang mereka berikan serta kualitas service yang mereka tawarkan. Ini pelajaran bernilai dimana Anda juga akan dapat berkompetisi serta memastikan kiat yang bagus untuk mulai masuk dalam persaingan perebutan pasar.

Belajar dari Ahlinya

Sesudah memperoleh serta memastikan ide usaha, sebaiknya Anda mulai menyisihkan waktu untuk belajar mengenai usaha yang ingin Anda bangun. Kepada siapa Anda harus belajar?

Ya, Anda mesti belajar dari ahlinya.

Begini,

Memulai usaha pasti bukanlah perkara mudah, terlebih usaha baru. Mimpi serta inspirasi usaha saja tidak cukup hanya sebagai modal untuk membuka usaha sendiri.

Kerjakan pendekatan-pendekatan pada seorang yang memiliki pengalaman dalam sektor bisnis yang Anda kehendaki. Dalam hal semacam ini, mungkin saja Anda mesti mengeluarkan sedikit uang untuk dapat memperoleh pengetahuan sekalian serta arahan dari mereka.

Menurut Saya, itu bukanlah problem.

Bahkan juga sekarang ini telah banyak beberapa kursus yang sengaja diadakan beberapa orang/praktisi untuk memberi pengetahuan serta pengalamannya pada beberapa orang yang membutuhkannya. Sudah pasti itu tidak gratis. Anda bisa ikut beberapa kursus bisnis untuk melatih mindset dan mencari pengetahuan berbisnis Anda.

Take An Action

Ya, Sesudah Anda percaya serta mengerti benar sebagian poin diatas, ini merupakan waktunya Anda untuk melakukan satu tindakan. Pastinya Anda mesti mulai mendirikan usaha Anda, buat persiapan segalanya yang semisal Anda butuhkan untuk menjalankan usaha tersebut atau beragam kebutuhan yang menyangkut keberhasilan usaha Anda. Terdapat beberapa hal yang pastinya jadi manfaat utama dalam sebuah usaha, tetapi bila Anda tidak mulai atau menundanya maka usaha Anda akan tidak mendapati sebuah perkembangan.

Dimulai dengan Usaha Kecil-kecilan

Untuk beberapa orang, modal senantiasa jadi rintangan kala ingin memulai usaha.

Nah apabila Anda satu diantaranya, maka cobalah tentukan gagasan usaha yang seumpamanya cukup hanya dengan modal kecil saja tetapi pas dengan apa yang Anda senangi.

Mungkin saja terlalu berlebihan bila ada orang menyebutkan kalau ada usaha yang betul-betul dapat tanpa modal sekalipun. Saya pikir itu bohong. Semua usaha yang kita kerjakan pada masa sekarang kelihatannya tak ada yang gratis atau tanpa ongkos.

Terdapat banyak usaha yang dapat dikerjakan dengan modal kecil. Yang banyak dikerjakan orang sekarang ini salah satunya adalah melakukan bisnis online.

Cuma modal handphone, kuota internet serta barangkali sebagian persediaan barang saja. Bila tertarik, cobalah saja Anda berjualan di Marketplace atau buka usaha online shop yang lain. Begitu gampang dikerjakan serta cukup hanya modal kecil awal mulanya.

Contoh usaha modal kecil berikut ini bisa Anda buat jadi pilihan dalam memulai usaha sendiri :

  • Jual minuman dingin
  • Produksi kue atau roti rumahan
  • Usaha Katering
  • Usaha laundry
  • Steam motor
  • Usaha tambal ban
  • Rental PlayStation

‘Perbudak’ diri sendiri

Bila Anda tidak bersedia berusaha keras, lembur, melupakan keuntungan pribadi serta kesehatan, memiliki usaha bahkan memulai usaha bukanlah untuk Anda. Pada mulanya, Anda tentu tidak lagi dapat membayar karyawan, meskipun karyawan yang murah. Jadi, karyawan Anda merupakan Anda sendiri. Sehingga Anda harus memperbudak diri Anda sendiri atau istilah lainnya adalah menjadikan diri Anda sebagai karyawan pada usaha sendiri.

Hargai waktu

Banyak pengusaha yang terkadang mengabaikan waktu. Mereka tidak dapat menghargai waktu. Meskipun waktu adalah hal penting, Anda wajib membagi waktu dalam memulai usaha yang sedang Anda rintis. Banyak orang yang mengabaikan waktu, hingga usaha mereka gagal di tengah jalan. Meskipun Anda memulai usaha sambil bekerja, usahakan pula Anda bisa membagi waktu antara keduanya.

Manfaatkan Teknologi

Memanfaatkan teknologi adalah hal wajar yang harus dilakukan oleh pemilik usaha saat ini. Di era teknologi, memulai usaha wajib memanfaatkan teknologi. Teknologi akan membantu Anda dalam mengembangkan usaha menjadi lebih besar dan baik lagi. Dengan bantuan teknologi semua hal akan lebih mudah dijalankan.

Menggunakan Aplikasi Pembukuan Accurate Online

Ketika usaha sudah berjalan, saatnya Anda mencatat semua pemasukan dan pengeluaran menggunakan aplikasi Accurate Online. Dengan Accurate Online akan membantu Anda dalam menyelesaikan persoalan keuangan dan bisa memantau usaha Anda kapan pun dan dimanapun secara realtime.

Accurate Online memiliki fitur-fitur yang cocok dan bisa disesuaikan dengan usaha mikro kecil maupun menengah. Terlebih saat ini, Accurate Online sudah men-support para pebisnis online di marketplace yang ingin meng-import faktur penjualan dari marketplace langsung ke sistem pembukuan mereka dengan mudah menggunakan Accurate Online.

Meskipun Anda baru memulai usaha, tidak ada salahnya untuk menggunakan Accurate Online sebagai aplikasi pencatatan dan pembukuan usaha. Sehingga Anda bisa memiliki laporan keuangan setiap bulannya. Dengan memakai Accurate Online, usaha Anda yang masih dalam skala kecil bisa berasa seperti perusahaan besar dengan memiliki sistem keuangan terkini seperti Accurate Online.

Kalo Anda ingin merasakan pengalaman dalam menggunakan Accurate Online, Anda bisa langsung mencoba versi trial selama satu bulan penuh secara FREE. Anda bisa mencoba versi trial utnuk mengelola keuangan usaha Anda dengan mudah dan simpel. Baik untuk mencatat pendapatan, pengeluaran, hingga pencatatan stok. Kalo Anda ingin merasakan pengalaman asyik bersama Accurate langsung aja klik banner di akhir artikel ini.

Selalu Lakukan Pemantauan serta Belajar

Meskipun Anda sudah mengerti seluk beluk usaha yang bakal Anda rintis ini, tak ada salahnya untuk senantiasa belajar dari bermacam pengalaman. Tirulah hal yang baik serta janganlah lupa selalu untuk memonitor keadaan lapangan, fleksibel dalam perubahan yang ada. Karena tak ada guru yang tambah baik terkecuali satu pengalaman yang dimiliki beragam orang.

Tunjukkan Keunikan

Yaitu hal yang begitu perlu untuk lakukan suatu hal yang “berbeda” dengan yang lain. entah itu di bagian harga, layanan ataupun mutu. Bila anda menginginkan berkompetisi jadi anada mesti tampak lebih unik.

Memulai usaha bukanlah perkara mudah. Ada beberapa rahasia yang tidak diketahui oleh calon-calon pengusaha pemula. Namun rahasia tersebut sudah dibeberkan secara gamblang oleh Antijobless.com. Sehingga bisa membantu para pengusaha atau calon pengusaha agar bisa menjalankan usahanya dengan mudah dan siap menghadapi segala rintangan yang akan melintang selama perjalanan menuju kesuksesan dalam menjalankan bisnis.

By |2018-07-19T15:39:54+00:00Juli 19th, 2018|Artikel Accurate|0 Comments

About the Author:

Anak muda dari planet Bekasi

Leave A Comment