8 Jenis Pembukuan Sederhana yang Harus Dimiliki Oleh UKM

Pembukuan bukan dikhususkan hanya digunakan oleh perusahaan besar saja. Namun, pembukuan juga wajib digunakan oleh bisnis kecil dan menengah atau UKM. Pembukuan sangat penting bagi kelangsungan jalannya UKM, tak perlu menggunakan pembukuan yang ribet, Anda bisa membuat pembukuan sederhana untuk usaha kecil. Pembukuan sangat penting untuk mengetahui berapa keuntungan dan kerugian yang Anda peroleh.

Masalah keuangan menjadi masalah yang paling krusial yang sering terjadi pada UKM di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh pemilik UKM yang tidak memiliki kemampuan dalam mengelola keuangan, sehingga banyak UKM di Indonesia yang tidak memiliki pembukuan yang rapih dan jelas. Meskipun pembukuan sangat sederhana, asal pembukuan tersebut rapih dan jelas maka pembukuan itu akan sangat membantu Anda dalam mengatur keuangan usaha.

Pembukuan yang sederhana wajib Anda miliki sebagai pelaku UKM. Namun pembukuan ini sangat penting bagi Anda agar bisa melihat kondisi keuangan yang terjadi pada bisnis milik Anda. Tanpa adanya pembukuan, maka Anda tidak mengetahui sudah sejauhmana perkembangan bisnis Anda.

Jenis Pembukuan Sederhana yang Harus Ada

Meskipun Anda tidak memiliki kemampuan ilmu akuntansi, namun Anda memiliki sebuah usaha maka sudah seharusnya Anda mempelajari ilmu akuntansi, terutama akuntansi dasar. Karena secara tidak langsung, Anda akan mengelola keuangan bisnis milik Anda. Disinilah pentingnya ilmu akuntansi dan akan berkaitan pada pembukuan yang sederhana untuk usaha milik Anda. Berikut beberapa jenis pembukuan yang harus ada.

Pembukuan Kas Masuk

Pembukuan kas masuk wajib dimiliki. Disini catatan-catatan transaksi masuk harus dicatat semua. Dalam sebuah bisnis, setiap hari akan ada transaksi yang akan masuk, dan ini harus dicatat semua. Jangan sampai ada yang terlewatkan. Sehingga Anda mengetahui jumlah kas masuk harian.

Pembukuan Kas Keluar

Selain kas masuk, Anda juga diwajibkan untuk memiliki kas keluar. Kas keluar ini adalah catatan-catatan yang berisi semua transaksi keluar. Seberapa pun nilai transaksi yang Anda keluarkan, maka patut dicatat. Meskipun jumlah transaksi tersebut hanya berjumlah Rp 100. Hal ini agar sistem pembukuan pada usaha Anda bisa disiplin.

Memiliki Buku khusus Arus Kas

Arus kas memang wajib dimiliki oleh berbagai jenis usaha apapun. Karena arus kas sangat penting untuk mengetahui bagaimana posisi keuangan perusahaan saat ini. Setiap jenis usaha apapun wajib memiliki buku arus kas. Anda yang masih belajar, bisa membuat buku arus kas untuk melihat bagaimana posisi keuangan usaha milik Anda.

Buku Khusus Pencatatan Barang

Anda juga harus memiliki buku khusus yang mencatat jumlah barang yang ada dalam usaha Anda. Mintalah pegawai Anda untuk terus mencatat setiap transaksi masuk dan transaksi keluar barang dari usaha Anda, termasuk mencatat setiap barang yang datang dari supplier.

Buku Inventaris

Selain buku untuk memantau transaksi dan barang yang ada pada usaha Anda. Maka hal lain yang harus Anda catat adalah mengetahui apa saja inventaris yang ada pada usaha Anda. Hal ini penting untuk memantau barang yang Anda miliki. Umumnya buku inventaris dimiliki oleh usaha-usaha kuliner untuk mengetahui perabotan apa saja yang dimilikinya.

Buku Laba Rugi

Buku laba rugi ini sangatlah penting untuk dimiliki setiap pengusaha. Proses pembukuan sederhana laba rugi sangatlah penting digunakan untuk mengetahui berapa laba dan kerugian yang Anda alami selama periode tertentu. Sehingga Anda bisa mengetahui apakah usaha Anda mengalami laba atau rugi.

Buku Jurnal Transaksi

Pembukuan sederhana yang harus dimiliki oleh para pengusaha selanjutnya adalah jurnal transaksi. Jurnal ini berguna untuk mencatat setiap transaksi dalam satu buku. Baik transaksi keluar maupun transaksi masuk. Lalu dalam buku jurnal terdapat pula bagaimana proses pembayaran yang dilakukan konsumen. Apakah ia membayar debet atau kredit. Semua model pembayaran tersebut harus dituliskan dalam satu buku jurnal tersebut.

Laporan Keuangan

Setelah semua buku transaksi sudah Anda susun sesuai dengan jenisnya, maka selanjutnya Anda harus mencatatkan semua transaksi menjadi sebuah laporan keuangan akuntansi. Pembukuan berupa catatan keuangan sangatlah penting untuk mengetahui posisi keuangan perusahaan. Dan laporan keuangan ini bisa menjadi alat pengambil keputusan, sebagai syarat untuk mendapatkan pinjaman dari bank maupun mendapatkan investor.

Pembukuan sederhana tersebut mungkin menjadi sesuatu yang menyulitkan bagi Anda. Terlebih Anda harus menyiapkan buku-buku yang berbeda untuk setiap jenis pembukuan yang ada. Sehingga akan membuat Anda dan pegawai Anda merasa sulit jika dilakukan secara manual.

Namun sekarang Anda tidak perlu ribet lagi dalam mengelola keuangan usaha. Sebaiknya, Anda menggunakan software akuntansi Accurate untuk memudahkan dalam menyusun pembukuan sederhana. Software Accurate sudah di percaya oleh para pelaku UKM dari 1998 hingga sekarang, sudah lebih digunakan lebih dari 100,000 perusahaan di seluruh Indonesia. Yang pastinya sesuai PSAK dan perpajakan di Indonesia yang akan membantu Anda untuk mengelola pembukuan usaha Anda.

By | 2018-05-07T12:05:11+00:00 Mei 7th, 2018|Artikel Accurate|0 Comments

About the Author:

Anak muda dari planet Bekasi

Leave A Comment