Bisnis Jasa Pengiriman Makin Menjanjikan, 10 Tips Memilih Perusahaan Jasa Ekpedisi untuk Usaha

Perkembangan e-commerce di Indonesia mendorong munculnya berbagai bisnis. Tak hanya orang yang menjualkan produknya melalui e-commerce, tetapi perkembangan e-commerce juga mendorong perkembangan bisnis jasa pengiriman atau bisnis ekpedisi. Saat ini, kita memiliki banyak pilihan pengiriman untuk mengirimkan barang. Bagaimana prospek bisnis yang satu ini? Bagaimana tips memilih perusahaan ekpedisi untuk bisnis jasa pengiriman dan untuk Anda.

Bisnis jasa pengiriman sekarang cukup digandrungi oleh masyarakat di Indonesia. Berkembangnya penjualan secara online, membuat bisnis ekpedisi semakin masif digunakan oleh orang-orang yang suka belanja online dan juga digunakan oleh pebisnis online untuk mengirimkan barang-barang pesanan menggunakan jasa pengiriman.

Dulu, mungkin kita hanya mengenal jasa pengiriman hanya Kantor Pos, TIKI, dan JNE. Tetapi sekarang banyak sekali perusahaan-perusahaan jasa pengiriman yang mencoba untuk mencari peluang dari berkembangnya bisnis online dan e-commerce. Sebelum kita bahas artikel mengenai daftar jasa ekpedisi yang mewaralabakan bisnis mereka, kita akan bahas terlebih dahulu bagaimana tips memilih perusahaan ekpedisi untuk bisnis jasa pengiriman atau jasa ekpedisi yang satu ini?

Tips Memilih Bisnis Ekpedisi Jasa Pengiriman

Bagaimana tips memilih Bisnis jasa pengiriman yang cocok untuk usaha ? Sebelum memilih vendor jasa pengiriman, Anda harus mengetahui beberapa tips sebelum memilih ekpedisi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Lokasi yang Akan Dijadikan Gerai

Hal pertama yang menjadi pertimbangan seluruh perusahaan jasa pengiriman adalah lokasi yang Anda ajukan sebagai gerai. Jika lokasi Anda ada di dalam gang, atau tidak dapat di akses kendaraan roda empat perusahaan jasa pengiriman tidak akan menerima pengajuan Anda. Kecuali memang gerai milik Anda terdapat di dalam pusat perbelanjaan, itu masih bisa menjadi pertimbangan perusahaan ekpedisi untuk approval pembukaan gerai di tempat tersebut.

Bagaimana Tarif Pengiriman?

Ketika Anda sudah menemukan lokasi yang cocok buat Anda, sekarang Anda harus melakukan perbandingan harga dari setiap jasa pengiriman yang ada. Persoalan harga adalah hal penting, karena banyak orang yang kadang asal milih, dan akhirnya ia menyesal karena harga pengiriman cukup mahal.

Harga yang dibandingkan tidak hanya harga pengiriman dari kota Anda ke kota-kota besar lainnya. Tetapi Anda juga harus mengetahui harga dari kota Anda ke kota-kota kecil atau ke daerah-daerah yang jauh dari perkotaan. Sebab ada beberapa pengiriman yang harga ke kota besar murah, namun ke kota-kota kecil harga cukup mahal. Hal ini harus Anda pertimbangkan dengan matang. Namun kalau Anda merasa kalo calon konsumen Anda tidak akan mengirim ke kota-kota kecil, Anda bisa memilih jasa pengiriman tersebut.

Penanganan Paket

Anda pasti sering mendengar dari teman, tetangga, atau kerabat yang memakai salah satu jasa pengiriman, dan barang yang diterima rusak atau barang yang sudah di kirim tidak di terima padahal sudah lebih dari estimasi waktu. Tentunya hal ini memang sering terjadi, hampir semua jasa pengiriman melakukan hal ini.

Ketika Anda ingin memulai bisnis jasa pengiriman, Anda wajib mencari tahu jasa pengiriman apa yang sering terkena komplain oleh pelanggan. Jangan sampai, Anda telah membeli waralaba dan memilih jasa pengiriman tersebut, tetapi pada saat sudah memulai banyak komplain yang datang ke Anda. Kendala ini wajib Anda ketahui sejak awal sebelum di mulainya bisnis ekpedisi yang Anda pilih tersebut.

Kerjasama Dengan E-Commerce

Ketika Anda ingin memilih perusahaan jasa pengiriman untuk usaha ekpedisi, Anda harus mencari tahu apakah perusahaan tersebut sudah bekerjasama dengan e-commerce besar atau belum. Jika belum, pastinya Anda akan sulit dalam mencari konsumen. Sebagian besar paket yang di kirimkan menggunakan jasa ekpedisi merupakan paket yang berasal penjual e-commerce. Jadi Anda harus pertimbangkan hal ini untuk memilih perusahaan jasa pengiriman untuk membuka bisnis jasa pengiriman.

Layanan Pengiriman

Coba perhatikan apa jenis pengiriman yang tersedia. Beberapa jasa pengiriman biasanya memiliki beberapa layanan pengiriman. Seperti pengiriman reguler, prioritas, cargo dan express seperti satu hari sampai atau same day service (pengiriman di hari yang sama). Coba Anda perhatikan apakah perusahaan jasa pengiriman yang akan Anda beli memiliki layanan-layanan tersebut. Tentunya semakin banyak pelayanan, akan cukup banyak pilihan konsumen untuk memilihnya. Apabila ada konsumen yang ingin barangnya cepat sampai atau barang harus sampai di hari yang sama maka Anda bisa memberikan layanan ekspress atau same day service tersebut.

Jangkauan Pengiriman

Bagaimana jangkauan pengirimannya? Apakah bisa mencapai keseluruh Indonesia yang sangat luas ini? Ini wajib Anda ketahui sebelumnya. Apa bila di lokasi gerai Anda banyak konsumen yang biasa mengirimkan paket ke luar negeri, apakah jasa pengiriman yang Anda beli melayani pengiriman ke luar negeri? Hal ini wajib Anda ketahui dengan baik.

Jangkauan pengiriman menjadi hal yang wajib diketahui oleh Anda yang ingin membuka bisnis ekpedisi atau bisnis jasa pengiriman ini. Jika perusahaan yang Anda pakai tidak memiliki jangkauan pengiriman yang luas, Anda tidak perlu membeli waralaba dari perusahaan jasa ekpedisi itu.

Akses Tracking Barang Kiriman yang Up To Date

Gimana biar konsumen tahu sudah sampai mana paket mereka? Beberapa jasa pengiriman memang memberikan fitur tracking paket yang up to date. Jangan sampai Anda memilih bisnis jasa pengiriman yang tidak memiliki fitur tracking barang kiriman.

Dengan adanya fitur ini, konsumen bisa dengan mudah dalam memantau barang kiriman mereka. Ketika Anda ingin membuka bisnis jasa pengiriman, Anda harus tahu apakah perusahaan jasa ekpedisi yang Anda beli memiliki akses tracking paket atau tidak. Jika tidak, maka coba cari jasa pengiriman yang lain.

Pelayanan After Sales

Ketika barang sudah tidak ada di gerai, Anda tidak akan tahu bagaimana kondisi barang yang sesungguhnya. Karena Anda tidak memiliki akses secara keseluruhan yang up to date mengenai dimana barang tersebut, dan bagaimana kondisi barang Anda. Nah, disinilah dibutuhkan pelayanan after sales ketika Anda ingin memulai bisnis jasa pengiriman atau bisnis ekpedisi. Pelayanan customer support jasa pengiriman Anda harus bisa memberikan keterangan yang jelas mengenai barang Anda.

Jumlah Komisi yang Diperoleh

Sebelum Anda memilih dan membandingkan setiap perusahaan jasa pengiriman, Anda pasti bertanya-tanya berapa komisi yang Anda peroleh dari omzet keseluruhan. Pada umumnya setiap perusahaan jasa pengiriman atau jasa ekpedisi memberikan komisi yang berbeda-beda pada setiap perusahaan pengiriman.

Ada perusahaan yang memberikan komisi 15 % kepada setiap agen, namun persentase komisi akan bertambah jika omzet agen semakin besar. Ada juga yang memberikan 20 %-25%. Tentunya setiap perusahaan jasa pengiriman memiliki komisi yang berbeda-beda untuk gerai dan agen mereka. Ketika Anda ingin memulai bisnis jasa pengiriman, Anda wajib tahu berapa komisi yang Anda peroleh. Harus ingat, setiap komisi yang di dapat akan di potong pajak sekitar 2,5 %.

Memulai bisnis jasa pengiriman dan memilih perusahaan jasa pengiriman untuk usaha bukan perkara mudah. Anda harus paham terlebih dahulu seluk beluk dari perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk memantau komentar-komentar yang sering muncul dari para pengguna jasa pengiriman di media sosial, sebagai pertimbangan Anda memilih jasa pengiriman yang akan dijadikan usaha. Sehingga Anda tidak salah pilih perusahaan ekpedisi untuk usaha Anda.

By |2018-03-27T13:54:15+00:00Maret 27th, 2018|Artikel Accurate|0 Comments

About the Author:

Anak muda dari planet Bekasi

Leave A Comment