Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Manajemen

Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Manajemen

Manajemen tentunya tidak asing di telinga kita semua. Hampir setiap manusia senantiasa menyebut nyebut kata ini dalam kehidupan kesehariannya.

Kata manajemen berasal dari bahasa Inggris Manage yang mempunyai arti mengelola ataupun mengurus, mengendalikan, dan/atau mengusahakan serta memimpin.

Manajemen merupakan sebuah proses dalam rangka untuk mencapai sebuah tujuan yang telah ditetapkan dalam suatu organisasi dengan cara bekerjasama antara orang orang yang ada dalam suatu struktur organisasi maupun pihak eksternal dan beberapa sumber daya yang dimiliki oleh sebuah organisasi. Definisi manajemen juga diungkapkan oleh beberapa ahli seperti :

  1. Mary Parker F yang menyatakan bahwa manajemen adalah suatu seni dimana tiap tiap pekerjaan bisa diselesaikan bersama dengan orang lain.
  2. George R. Terry mengatakan bahwa manajemen merupakan sebuah ilmu sekaligus seni yang menjadi wadah dalam ilmu pengetahuan sehingga manajemen bisa dibuktikan secara umum kebenarannya.
  3. Koontz mengatakan bahwa manajemen merupakan suatu seni yang produktif dan didasarkan ada suatu pemahaman ilmu. Menurut Koontz, ilmu dan seni bukan suatu hal yang saling bertentangan, bahkan keduanya merupakan dua bidang yang saling melengkapi antara satu dengan yang lainnya.
  4. Stoner menyatakan ilmu manajemen adalah suatu proses dalam membuat perencanaan, perorganisasian, pengendalian, dan juga kepemimpinan dari berbagai jenis usaha anggota organisasinya dan juga merupakan semua sumber daya yang dimiliki guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dulu.
  5. Wilson menyatakan manajemen adalah sebuah rangkaian tindakan yang dilakukan oleh para anggota organisasi dalam suatu upaya untuk mencapai sasaran dari organisasi tersebut. proses tersebut merupakan sebuah rangkaian aktivitas yang dijalankan secara sistematis.
  6. Oey liang lee menyebutkan bahwa manajemen merupakan ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, pengendalian ataupun pengawasan dari sumber daya perusahaan dalam sebuah upaya untuk mewujudkan tujuan yang diinginkan.
  7. Lawrance A Appley mengatakan bahwa manajemen merupakan sebuah seni dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan dan dilakukan menggunakan sebuah usaha dari orang yang lain.

Masih sangat banyak pakar dan ahli manajemen yang mengemukakan pendapat mengenai pengertian manajemen. Meskipun begitu, kesemuanya mempunyai benang merah yang sama terkait dengan definisi manajemen dimana kesemuanya menyatakan bahwa manajemen merupakan gabungan antara ilmu dan seni dalam menjalankan aktivitas suatu organisasi.

accurate online keuangan rapi

Aktivitas tersebut dapat berupa pengorganisasian yang meliputi tahapan perencanaan, penyusunan, pengusahaan, dan juga pengawasan dengan mengerahkan segala sumber daya yang dipunyai organisasi agar tujuan yang telah ditentukan dapat terealisasi. Misalnya dalam sebuah perusahaan, tujuannya adalah laba sedangkan dalam organisasi pemerintahan tujuannya adalah maksimalnya layanan publik, dan lain sebagainya.

Penerapan Proses dan Fungsi Manajemen

Pada umumnya ada beberapa proses dan fungsi yang biasa diimplementasikan dalam kegiatan manajerial, diantaranya adalah :

  1. Perencanaan, merupakan upaya dalam mengantisipasi adanya kecenderungan di masa mendatang dan penentuan sebuah strategi yang tepat guna merealisasikan tujuan organisasi.
  2. Pengorganisasian, adalah proses yang meliputi menentukan bagaimanakah strategi yang sudah dirumuskan terlebih dulu tadi dapat digambarkan pada sebuah struktur organisasi yang tangguh, sesuai, dan lingkungan yang kondusif.
  3. Pengarahan, merupakan tahap dimana sebuah program mulai diimplementasikan agar dapat dilakukan oleh seluruh pihak yang terlibat dalam suatu organisasi.
  4. Dan yang terakhir adalah pengendalian dimana dalam tahapan ini dilakukan untuk memastikan semua kegiatan yang dijalankan bisa berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan tahapan dan target yang telah ditetapkan meskipun ada beberapa perubahan minor yang mungkin saja terjadi di sebuah lingkungan yang dihadapi.

Sumber : http://rocketmanajemen.com/manajemen/

By | 2017-11-11T17:03:05+00:00 November 11th, 2017|Tips Accurate|0 Comments

About the Author:

Anak muda dari planet Bekasi

Leave A Comment