Baru Lulus Kuliah, Galau Mau Bisnis Atau Kantoran Cari Tau Tipsnya

Baru Lulus Kuliah, Galau Mau Bisnis Atau Kantoran Cari Tau Tipsnya Di Sini

Pada saat awal kuliah, generasi muda umumnya masih bimbang dengan tujuan karir yang nantinya akan dicapai. Beberapa sudah memiliki tujuan, dan banyak pula yang di tengah perjalanan mengalami fase dilema yang dapat disebabkan berbagai faktor. Selain karena sudut pandang yang berubah akibat semakin luasnya pengetahuan pun dapat merubah minat karir seseorang, bisa juga karena faktor-faktor lainnya. Salah satu topik hangat yang sering menjadi bahan pertimbangan mahasiswa-mahasiswi Indonesia adalah, setelah lulus kuliah lebih baik menjadi pegawai kantor atau berbisnis?

Dikutip melalui riset pada event Campus Marketeers Club, terlihat bahwa anak muda yang sedang menimba ilmu di universitas terbagi tiga golongan. Pertama, mereka yang dengan yakin menginginkan sebuah pekerjaan impian, kedua, anak muda yang ragu apakah ingin menjadi pelaku bisnis atau pegawai kantor, dan yang ketiga, golongan anak muda yang tidak tahu sama sekali ingin seperti apa karirnya kelak.

Satya Sultanudin, Campus and Institution Event Executive dari JobStreet berpendapat bahwa fresh graduation memiliki kecenderungan prilaku yang berbeda jika dibandingkan generasi pendahulu. Fresh graduation pada generasi millenial memiliki kecenderungan untuk berkarir secara mandiri pada struktur kantor dan bekerja dengan tekanan. Bahkan banyak departemen HRD yang mengeluhkan sulit mencari generasi muda yang mampu bekerja dengan ketatnya peraturan-peraturan kantor, yang pad akahirnya berujung mengundurkan diri.

Dharma Anjarrahman, CEO dari Vestifarm, sebuah platform online pada sektor peternakan, menyebutkan bahwa setelah lulus kuliah, sangat disarankan untuk generasi muda masuk dalam dunia profesional perkantoran. Pasalnya, generasi muda akan sangat kesulitan saat memaksakan untuk terjun langsung pada dunia bisnis enrepreneurship. Dharma Anjarrahman juga mengaku bahwa ia mengalami masalah yang sama saat lulus kuliah, apakah langsung terjun pada entrepreneurship, atau bekerja terlebih dahulu bersama orang lain, lalu, mau jadi apa seterusnya?

“Saya termasuk beruntung karena diizinkan menjajal dunia kerja meski dalam waktu singkat. Pasalnya,  struggling-nya akan lebih berat bila Anda langsung terjun ke dunia usaha seusai kuliah. Karena semua hal harus Anda pelajari dari awal yang seharusnya bisa didapat di dunia kerja, salah satu contohnya adalah sistem kerja perusahaan,” tegasnya.

Lalu, sebagai ABG Millenial yang beranjak dewasa, apa yang perlu disiapkan untuk memasuki dunia profesional biar ngga cupu dan keren?

Bagi fresh graduate, memang perkara yang tricky saat harus memasuki dunia profesional. Untuk itu, menurut Solusi UKM, ada beberapa hal yang perlu disiapkan fresh graduate agar lebih siap memasuki dunia profesional. Langkah pertama adalah untuk mengenal diri sendiri. Apa kelebihan yang dimiliki, apa kelemahan yang ingin dihindari, dan ilmu apa yang ingin diperdalam saat nanti menempuh karir. Fresh graduate ada pentingnya untuk tidak terlalu terfokus pada jumlah gaji yang akan didapat, karena sangat penting bagi fresh graduate untuk mendapat pengalaman dan ilmu sebanyak-banyaknya. Terlebih banyak perusahaan yang menggaji fresh graduate dengan nominal kecil, namun perusahaan tersebut memiliki nama dan menempatkan fresh graduatepada posisi penting yang tentunya dapat memberi ilmu di masa yang akan datang.

Setelah fresh graduate menemukan apa yang ingin dicapai dan apa saja potensi diri, langkah selanjutnya adalah dengan membuat dengan benar CV yang baik dan benar, lalu mencari pekerjaan yang memang diinginkan. Karena masih banyak fresh graduate yang melakukan banyak kesalahan saat mengirim data riwayat hidup, atau CV, namun tidak menyadari kesalahan-kesalahan tersebut sehingga waktu terus berjalan dan fresh graduate tidak kunjung mendapatkan pekerjaan.

Nilai juga bukan selalu penentu masa depan gemilang. Sangat banyak perusahaan yang tidak peduli berapa nilai yang dimiliki, namun biasanya mereka melihat apa fresh graduate tersebut memiliki potensi yang mereka cari. Semoga informasi di atas dapat membantu kalian yang sudah semester akhir atau justru baru lulus kuliah, ya! Perlu dimengerti bahwa mencari pekerjaan membutuhkan proses yang umumnya tidak cepat. Jadi, daripada bokek selama cari kerja, mending join yuk jadi Accurate Digital Partner. Pendaftaran gratis, pasti keterima, dan bayarannya gede pula! Selamat mencoba.. Good luck! 😆

By |2018-03-12T16:51:40+00:00Oktober 15th, 2017|Tips Accurate|0 Comments

About the Author:

Anak muda dari planet Bekasi

Leave A Comment