5 Strategi Marketing Kreatif Yang Cocok Diterapkan Untuk Bisnis UKM

5 Strategi Marketing Kreatif Yang Cocok Diterapkan Untuk Bisnis UKM

Setelah memproduksi barang atau jasa yang diperlukan oleh masyarakat, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengenalkan dan memasarkannya. Namun, langkah pemasaran ini bisa jadi sulit mengingat Anda adalah pendatang baru dalam dunia bisnis dan masih “pemula” di untuk terjun di pasaran. Oleh sebab itu, pemasaran tidak boleh dilakukan secara asal-asalan, tapi ada strateginya. Anda harus kreatif dalam menyusun strateginya sehingga mampu menarik minat pasar. Berikut cara yang bisa Anda lakukan.

Manfaatkan Media Sosial

Marketing kreatif yang dapat Anda lakukan dengan media sosial adalah mengemas marketing Anda dalam konten yang menarik. Misalnya video atau gambar. Lalu upload ke dalam media sosial seperti Instagram. Buat cuplikan video berisi review singkat produk Anda dan juga kelebihannya dibanding produk lain yang sudah ada. Video yang menarik bisa menumbuhkan minat membeli pada masyarakat yang melihatnya.

Pilih Desain Landing Page yang Menarik

Landing page adalah halaman website yang Anda buat untuk memperkenalkan produk Anda. Saat pertama kali pengunjung tiba di landing page Anda, saat inilah Anda sudah harus mulai membuatnya tertarik dengan produk yang Anda jual. Buat landing page yang menarik dan memiliki user interface yang user friendly. Jika perlu, mintalah bantuan seorang desainer web untuk membuat desain yang unik dan bagus. Pengunjung web yang menyukai desain situs Anda akan betah berlama-lama untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai bisnis Anda.

“Memelihara” Pelanggan yang Sudah Ada

Mencari pelanggan baru bukanlah hal yang mudah. Ketika Anda sudah mendapatkannya, jangan sampai Anda melepasnya begitu saja. Usahakan agar Anda tetap terus memberikan yang terbaik untuk mereka sehingga tidak berpindah ke para pesaing Anda. caranya yakni dengan memberikan promo khusus untuk pelanggan yang sudah mendaftar sebagai member. Hal ini selain bisa menjaga pelanggan yang sudah ada, juga bisa membuat pelanggan baru lainnya tertarik untuk menjadi member karena Adana diskon khusus tadi.

Kemasan Produk yang Menarik

Kemas produk dalam tas kecil yang lucu dengan warna yang menarik. Berikan tas tersebut bagi pembeli yang membeli barang Anda dalam jumlah tertentu. Hal ini bisa menarik banyak pembeli. selain itu, Anda juga perlu menyertakan urgensi misalkan “hanya hari ini, bonus tas keren untuk setiap pembelian 5 item” sehingga orang akan merasa harus cepat-cepat membelinya dan ia pun tak ingin kalah dengan yang lain.

Lakukan di Lokasi yang Strategis

Tak hanya pemasaran secara online, tapi juga offline. Lakukan ini di tempat yang banyak dikunjungi calon pembeli. Misalnya di mall atau pasar. Atau jika ada acara pameran UKM, Anda tidak boleh menyia-nyiakan hal ini. segera daftarkan diri untuk mendapatkan tempat di sana dan Anda pun bisa mengenalkan produk Anda secara lebih luas. Ikuti pameran demi pameran agar produk Anda semakin dikenal.

Boleh dibilang, marketing ini merupakan langkah yang cukup sulit dalam seluruh rangkaian kegiatan bisnis yang Anda jalankan. Namun, langkah ini juga ikut menentukan sukses tidaknya bisnis Anda. Jika marketing yang Anda lakukan berhasil maka hasil penjualan Anda akan memuaskan. Semakin tinggi penjualan maka semakin besar laba yang didapat. Pada akhirnya, hal ini akan mempengaruhi perkembangan bisnis.

accurate online stok

By |2017-08-29T11:40:06+00:00Agustus 29th, 2017|Tips Accurate|0 Comments

About the Author:

Anak muda dari planet Bekasi

Leave A Comment