Berikut adalah contoh ilustrasi ketika baru menggunakan ACCURATE 5, misalkan dibulan September 2015 dengan database hasil upgrade dari v4 sebelumnya. Dan ilustrasi ini kondisinya ada ingin melakukan export data PPN Keluaran/Masukan dari modul E-Faktur ACCURATE 5 untuk bulan September 2015, namun transaksi PPN Keluaran/Masukan dibulan lalu yang telah dilapor masih tetap muncul.

Karena di ACCURATE 4 tidak ada modul E-Faktur, sehingga saat menggunakan
modul E-Faktur untuk bulan September 2015 di ACCURATE 5, untuk transaksi PPN Keluaran/Masukan yang ada sebelum bulan September 2015 (sebelum menggunakan ACCURATE 5) akan tetap muncul walaupun kita sudah memilih bulan yang ingin di export saja, yaitu bulan September 2015. (Seperti pada gambar dibawah ini)

Menghilangkan Transaksi PPN

Disana terlihat bahwa kita ingin meng-export data bulan September 2015 saja, namun karena di bulan sebelumnya (sebelum menggunakan ACCURATE 5) data PPN Keluaran/Masukan nya belum kita export, maka akan tetap muncul disana, namun dengan kondisi tercentang untuk kolom Abaikan (Kolom Abaikan yang tercentang ini artinya transksi PPN Keluaran/Masukan tsb tidak akan masuk kedalam bulan yang kita pilih untuk di export, namun akan terus muncul jika tidak dilakukan export).

Agar transksi PPN Keluaran/Masukan yang sudah kita laporkan sebelum bulan September ini bisa hilang, maka kita bisa laporkan saja semua transkasi PPN Keluaran/Masukan yang muncul sebelum bulan Septembernya. Yang dimaksud lapor disini adalah bukan dilapor ke kantor pajaknya, tetapi hanya dilaporkan di ACCURATEnya saja, tanpa harus di import kedalam E-faktur (karena memang sebenarnya sudah dilaporkan). Seperti pada gambar dibawah ini.

Jika PPN Keluaran/Masukan nya sudah dilaporkan di ACCURATEnya, maka saat kita ingin melapor untuk bulan September saja, seharusya transaksi PPN Keluaran/Masukan yang ada sebelum bulan September 2015 sudah tidak muncul lagi. Seperti pada gambar dibawah ini.