Begini Cara Tepat Memilih Software Akuntansi Untuk Bisnis Anda

Begini Cara Tepat Memilih Software

Saat ini, semakin banyak pelaku bisnis UKM yang bermunculan. Namun tak semuanya memiliki latar belakang pendidikan akuntansi sehingga ada beberapa yang cukup memiliki kesulitan dalam menyusun laporan keuangan untuk bisnisnya. Kabar baiknya, kini tak perlu khawatir karena banyak software akuntansi yang bisa membantu menyelesaikan laporan keuangan Anda. Anda tak perlu bingung memilih, berikut tips yang bisa Anda coba.

Interface Design yang User Friendly

Pertama, lihat user interface-nya. User interface yang user friendly akan memudahkan Anda menyelesaikan tugas laporan keuangan. Sebaliknya, jikauser interface kurang user friendly, maka bisa jadi Anda akan kesusahan dalam menjalankannya. Hal ini juga akan merugikan Anda dari sisi waktu. Pilih software akuntansi dengan flow kerja yang mudah dipahami.

Keamanan Harus Terjaga

Dalam prosesnya, Anda akan meng-input informasi keuangan Anda pada software tersebut secara online. Apakah Anda yakin akan hal ini? Tentu saja ini membuat orang lain juga bisa melihat data keuangan Anda,bukan? Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan sistem keamanannya. Pastikan Anda memilih software yang aman karena Anda tidak mau informasi keuangan perusahaan Anda dilihat oleh pihak-pihak yang tidak berkenan, bukan?

Apakah Fiturnya Sesuai dengan Keinginan Anda?

Ada banyak fitur yang ditawarkan tentunya akan membuat Anda tergiur, bukan? Pada umumnya, masing-masing software akuntansi memiliki fitur dasar yang sama. Meskipun begitu, Anda tetap harus bisa memilih yang terbaik untuk bisa benar-benar membantu penyusunan laporan keuangan Anda. Jika Anda bingung karena semua memiliki fitur yang hampir sama, kembali lagi ke poin 1, yakni pertimbangkan user interface-nya.

Sesuaikan Harganya dengan Kantong

Bisa dibilang, faktor yang satu ini adalah vital. Besarnya budget yang Anda anggarkan juga akan mempengaruhi spesifikasi software yang Anda pilih. Tak perlu memilih tergiur dengan software yang menawarkan fitur yang beragam karena belum tentu Anda memerlukan fitur-fitur tersebut dan justru akan sia-sia Anda membayarnya. Ingat, Anda harus mengontrol keuangan sebijak mungkin demi kelangsungan bisnis Anda.

After Sales Service

Pastikan software akuntansi yang Anda pilih memiliki layanan after sales. Hal ini akan Anda butuhkan ketika melakukan kesalahan dalam proses input sehingga berdampak pada laporan yang Anda buat selama ini. Begitu pula jika ternyata software rusak. Jika produsen yang Anda pilih memiliki layanan ini, tentu saja Anda tak perlu khawatir karena hanya perlu meneleponnya untuk mencari tahu langkah apa yang bisa dilakukan untuk membereskan masalah tersebut.

Adanya software akuntansi bisa membuat pekerjaan Anda lebih ringan. Selain itu, biayanya juga tidak semahal seperti mempekerjakan seorang akuntan. Jadi, sudah menemukan softwareakuntansi mana pilihan Anda?

By |2017-07-31T19:07:15+00:00Juli 31st, 2017|Artikel Accurate|0 Comments

About the Author:

Anak muda dari planet Bekasi

Leave A Comment