Google Bisnisku Bantu UKM Punya Website Gratis

google bisnisku

Sebagai pengusaha UKM, bukan hal yang asing bahwa banyak pelaku-pelaku bisnis yang secara gencar merambah dunia digital. Selain mengikuti perkembangan zaman, merambah media online merupakan kewajiban agar memudahkan berbagai aspek pada bisnis. Accurate Online sebagai software akuntansi terpercaya mencatat mengenai fenomena ini, sehingga Google sebagai mesin pencari raksasa dunia tidak ingin ketinggalan dan melakukan inovasi.

Melalui fitur “Google Bisnisku”, Google menyajikan layanan situs web gratis yang pertama kali diluncurkan di Indonesia. Fitur ini memungkinkan para pelaku bisnis dalam waktu sepuluh menit, akan dapat memiliki website bisnis secara gratis.

Data yang kami catat yang bersumber dari Google menunjukkan bahawa lebih dari 55 juta UKM memiliki kontribusi terhadap 60% GDP yang berarti angka tersebut nyaris menyentuh 97% dari lapangan kerja di Indonesia. Tidak hanya itu, Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami pun memaparkan bahwa 30% pencarian di Google saat ini sangat berkaitan dengan bidang entrepreneurship.

Google pun sangat menyadari bahwa hal ini sangat berpotensi untuk semakin mengembangkan sektor ekonomi Indonesia. Ia berpendapat, “Pelaku UKM yang telah terdaftar pada Google Bisnisku dapat memilih option Create-Edit-Publish untuk memperoleh website dengan tampilan yang diinginkan,

Google menyadari, hal ini sangat berpotensi pada sektor perekonomian Indonesia.“Pelaku UKM yang telah terdaftar pada Google Bisnisku dapat memilih option Create-Edit-Publish untuk memperoleh website dengan tampilan yang diinginkan, ” tambah Veronica. Fitur yang menyajikan situs gratis ini akan menampilkan informasi lengkap mengenai bisnis pelaku UKM, yang meliputi informasi lokasi took, cara membuat janji, memesan meja, atau mendaftar untuk menerima newsletter.

Mesin pencari Google masih menjadi pilihan utama banyak konsumen dalam mencari informasi mengenai sebuah produk dan jasa. Maka dari itu, kunci sukses dalam memenangkan persaingan bisnis pada era digital ialah memudahkan konsumen untuk menemukan barang dan jasa yang Anda tawarkan secara online. Hal ini terbukti jelas pada sebuah riset yang dilakukan oleh Google, yang menunjukkan bahwa  40 persen konsumen yang mencari informasi tentang bisnis itu dengan mengunjungi website. Namun sayangnya, dari 55 juta pelaku UKM di Indonesia, hanya sekitar 16 persen yang telah memiliki website. Keengganan pelaku UKM membuat website beranekaragam, salah satunya mereka berasumsu bahwa membuat website memakan biaya yang mahal, waktu yang lama, dan level kerumitan yang tinggi. Veronica juga menambahkan bahwa Indonesia menjadi negara pertama yang meluncurkan fitur pembuatan situs web gratis mengingat jumlah pelaku usaha di Indonesia yang sangat besar.

Lalu? Bagaimana Cara Membuatnya, Ya?

Fitur pembuatan website gratis ini bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha yang telah mendaftarkan bisnisnya di Google Bisnisku (Google My Business). Saat ini sudah tersapat sedikitnya 700.000 usaha yang didaftarkan pada fitur Google Bisnisku.

Cara mendaftarkan usaha ke Google Bisnisku pun mudah, Anda hanya membutuhkan akun email Google (Gmail), maka usaha Anda dapat segera didaftarkan.

Langkah selanjutnya adalah dengan melengkapi data-data yang diperlukan, dimulai dari nama usaha, alamat dan lokasi, jam operasional, serta nomor kontak yang dapat dihubungi. Setelah bisa mengakses Google Bisnisku, pelaku bisnis dapat langsung memulai menciptakan sebuah situs web gratis. Semua data-data yang tersimpan pada Google Bisnisku tentunya akan ditampilkan pada situs tersebut, sehingga setiap ada pembaruan data, situs tersebut pun akan otomotis diperbarui.

Tidak hanya fitur Google Bisnisku, Accurate Online sebagai software pembukuan bersertifikat Top Brand Indonesia pun memiliki fitur unggulan yang berbasis cloud sehingga mampu mengotomatiskan penyimpanan data keluar masuk keuangan bisnis Anda, serta memungkinkan Anda untuk mengakses data-data tersebut melalui perangkat ponsel Anda. Selain itu, Accurate Online juga memiliki kelebihan-kelebihan lain seperti mencatat transaksi dalam berbagai mata uang asing serta menghitung otomatis laba/rugi selisih Kurs, Ekport transaksi PPN ke E-faktur tanpa perlu menginput satu-per satu data ke program E-Faktur, dan lain-lain.

Dalam usaha untuk mempercantik tampilan Google Bisnisku, Anda dapat menggugah foto-foto bisnis Anda. Jika Anda memiliki toko berbentuk fisik, dapat Anda mulai dari foto tempat usaha Anda (front store), interior, menu, atau juga detail produk yang dijual. Tambahkan juga tagline yang terdengar menarik agar konsumen dapat dengan mudah mengingat bisnis Anda.

Lebih dari itu, situs web tersebut juga dapat Anda tingkatkan meningkatkan fiturnya, seperti contoh, dapat membuat janji, memesan meja di restoran, atau berlangganan newsletter. Dengan adanya website ini, konsumen yang melakukan pencarian di Google akan mendapat informasi yang lebih lengkap. Bahkan konsumen bisa lansung menghubungi pelaku usaha lewat nomor kontak yang tersedia.

By |2017-05-28T14:56:29+00:00Mei 28th, 2017|Tips Accurate|0 Comments

About the Author:

Anak muda dari planet Bekasi

Leave A Comment