Haram Bagi UKM Jika Belum Merambah Digital

Pada zaman yang kian berkembang pada segala aspek, terutama semakin banyaknya industri yang merambah pada digital, membuat banyak pelaku bisnis terutama UKM ikut juga menyesuaikan. Pemerintah pun meyakini bahwa Usaha Kecil Menengah telah memiliki peranan yang sangat penting dalam segala aspek perekonomian Indonesia.

Accurate Online mencatat melalui Techinasia, bahwa Ahmad Zabadi, Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia beropini, bahwa industri digital mampu membuat Usaha Kecil Menengah semakin mudah dan praktis untuk memperkenalkan dan juga memasarkan produknya.

“UKM Indonesia menjadi tulang punggung bagi perekonomian Indonesia. Usaha pemerintah untuk Indonesia Negara Digital se-ASEAN pada tahun 2020 harus didukung UKM Indonesia. Namun secara bertahap para UKM di Indonesia harus dapat terus semangat untuk mengembangkan pemasarannya dengan lebih kreatif. Para UKM ini bisa memanfaatkan platform digital di Indonesia sebagai salah satu wadah untuk pengembangan pemasaran,” jelasnya.

Ahmad Zabadi juga menambahkan jika saat ini UKM yang merambah dunia digital Indonesia belum mencapai angka yang maksimal. Hal ini disebabkan masih banyaknya pelaku-pelaku bisnis dan para UKM yang belum memanfaatkan platform digital, padahal dengan adanya digital sendiri membuat berbagai hal semakin praktis dan banyak dicari oleh publik. Banyak UKM di Indonesia yang masih perlu untuk dibimbing dan diedukasi untuk menghadapi berbagai tantangan seperti peningkatan kapasitas, akses modal dan pendanaan alternatif dan juga akses teknologi.

Pemerintah pun perlu untuk terus melakukan upaya dalam memberi dukungan secara berkelanjutan bagi para UKM-UKM di Indonesia agar misi untuk menjadikan Indonesia sebagai negara eknonomi digital se-Asia tenggara pada tahun 2020 dapat terwujud. Menurut Nining I Soesilo selaku Founder dan Pembina UKM Center dari Universitas Indonesia, dukungan yang berasal dari komunitas dapat memberi semangat dan rasa kebersamaan untuk para pelaku UKM.

“Para UKM di Indonesia harus merasa semangat dalam melakukan bisnis mereka. Menjadi anggota komunitas dapat mendorong dan memberi motivasi yang lebih untuk mereka. Saya juga memiliki misi untuk mencapai Sustainable Development Goals. Salah satunya, membuat pemberantasan kemiskinan bisa diwujudkan lebih cepat dengan cara memberdayakan lebih banyak masyarakat melalui sektor UKM,” jelas Nining.

Nining menilai bahwa UKM di Indonesia masih memiliki potensi yang besar dan bila dirangkul dan mendapat dukungan yang lebih lagi, ia berpendapat bahwa para pelaku UKM yang belum melek digital dapat mengenal digital dan yang sudah ada dan dapat lebih mengembangkan bisnisnya.

Saat semua hal sudah mengarah pada dunia digital, maka sebagai pelaku UKM Anda harus segera bertransformasi pada ranah tersebut. Selain untuk memperluas pasar, dan distribusi, memasuki dunia digital merupakan langkah cerdas untuk menjangkau berbagai jenis lapisan masyarakat dan menyederhanakan berbagai langkah bisnis. Begitu pula dengan sistem keuangan pada bisnis Anda, sudah saatnya Anda meninggalkan cara manual dan beralih pada sistem cloud yang memungkinkan Anda mengakses data di mana saja dan kapan saja selama terkoneksi dengan internet. Selain itu, Accurate Online memiliki fitur-fitur lain seperti mencatat transaksi dalam berbagai mata uang asing dan menghitung otomatis laba/rugi selisih kurs, eksport transaksi PPN ke E-faktur tanpa perlu menginput satu-per satu data pada program E-Fakturs, dan kelebihan-kelebihan lainnya yang membuat pekerjaan Anda menjadi lebih ringan.

Haram Bagi UKM Jika Belum Merambah Digital

By | 2017-05-26T19:12:56+00:00 Mei 26th, 2017|Tips Accurate|0 Comments

About the Author:

Anak muda dari planet Bekasi

Leave A Comment