Kenapa UKM Wajib Merambah Online?

Kenapa UKM Wajib merambah Online

Bagi beberapa pelaku UKM yang masih menggunakan cara lama, pada umumnya memasarkan produk melalui cara tradisional seperti membuka toko fisik, memasarkan melalui brosur, dan lain-lain. Namun dalam 10 tahun terakhir, kebiasaan berbagai industri, termasuk bisnis UKM ikut bergeser dan mulai merambah dunia digital yang memudahkan dan mempraktiskan segala aktifitas.

Hal ini pula yang dilakukan oleh Yustamaro, selaku Founder dari Rodadua.id, website jual beli perlengkapan bikers Indonesia. Dimulai dengan serius sejak 2009, Yustamaro berpendapat sejak bisnisnya memasuki ranah digital, ia berhasil merambah konsumen dengan jarak yang tak terhingga. Tidak hanya di Indonesia, bahkan Yustamaro berhasil menarik perhatian konsumen asal negara tetangga yaitu Singapura.

Ia menambahkan, “Kalo offline itu masalahnya ada di waktu dan tempat. Karena kalau satu tempat (toko fisik) yang datang ke kita adalah orang dengan jarak dua – tiga kilometer, jadi ya orang ayng di situ-situ aja. Sedangkan kalo online, kita bisa menawarkan produk kita ke semua orang, seluruh indonesia, bahkan manca negara”.

Yustamaro berpendapat dengan adanya ranah online sebagai media pemasaran, tentu sangat membuka pintu promosi dengan sangat lebar. Lalu yang perlu diperhatikan selanjutnya, sekaligus sebagai salah satu langkah yang paling penting, adalah memperhatikan bagaimana cara kita sebagai pelaku UKM meperkenalkan bisnis apa yang kita miliki, produk apa yang kita sediakan, dan teknik-teknik berjualan yang efektif sehingga konsumen merasa tertarik, dan berniat membeli produk kita.

“Jadi kalau online kesempatan sangat besar, tinggal kuncinya adalah cara kita memperkenalkan produk, atau memberikan informasi mengenai kita menjual produk itu, jadi agar cakupannya sangat luas”, ungkap Yustamaro pada tim SolusiUKM.com

Berikut beberapa tips yang kami rangkum agar Anda dapat menjalankan bisnis online dengan lancar tanpa kendala:

Kerahkan tenaga ekstra untuk membuat konsep tampilan yang menarik terhadap brand Anda. Mengapa Anda perlu berusaha lebih terhadap tampilan luar? karena kesan pertama konsumen terhadap merek Anda adalah penentu pertama kali apakah mereka selanjutnya memutuskan untuk membeli atau tidak. Jangan lupa juga unutk memperhatikan kualitas barang yang akan Anda jual. Anda tidak ingin konsumen mengira bahwa produk Anda hanya bagus di luar tapi buruk di dalam, bukan?

Bersahabat dengan konsumen adalah bentuk layanan yang membuat pelanggan merasa nyaman dengan brand yang Anda tawarkan. Jika konsumen telah merasa nyaman, maka kedepannya saat ia membutuhkan barang yang Anda jual, maka brand Anda menjadi pilihan nomer satu saat harus membelinya.

Tepat waktu dalam mengirim pesanan, agar konsumen tidak menunggu terlalu lama dan cepat mendapatkan barang Anda. Salah satu yang membedakan membeli hal melalui online daripada datang ke toko fisik adalah perihal menunggu barang yang dibeli. Karena membeli online membutuhkan waktu sedikit lebih lama, daripada membeli pada toko fisik secara langsung, jadi jangan buat konsumen Anda menunggu terlalu lama.

Agar bisnis online Anda berjalan dengan optimal, Anda juga harus bermigrasi dari sistem keuangan manual desktop, ke sistem pembukuan online, seperti yang dimiliki oleh Accurate Online. Dengan predikat software akuntansi Top Brand Indonesia, Accurate Online memudahkan Anda sebagai pelaku usaha dengan menggunakan fitur-fitur seperti backup otomatis dengan server bertingkat sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai persoalan data hilang saat server down, serta security data terenkripsi yang membuat data aman dari ancaman hacker atau pihak-pihak tidak bertanggung jawab, dan kelebihan-kelebihan lainnya.

By | 2017-05-15T21:06:21+00:00 Mei 15th, 2017|Tips Accurate|0 Comments

About the Author:

Anak muda dari planet Bekasi

Leave A Comment