Alasan Perempuan Lebih Unggul Dalam Berbisnis

alasan perempuan lebih

Memasuki Hari Nasional Kartini membuat kita berfikir mengenai peran perempuan yang pada zaman sekarang yang semakin mahir dalam banyak bidang. Accurate Online sebagai perangkat lunak Akuntansi Top Brand mendata, berdasarkan catatan dari Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, sekitar 60 persen UKM dikelola oleh perempuan Indonesia. “Tanpa disadari ternyata perempuan memiliki peranan penting dalam meningkatkan perekonomian negara,” ungkap Pinky Saptandari, Staf Ahli Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Pinky juga menyetujui bahwa pola pikir yang dimiliki oleh perempuan Indonesia kini semakin maju dan berkembang, terutama pada sektor ekonomi. Indonesia yang sempat terkena dampak kondisi krisis ekonomi secara tak langsung juga mendukung tumbuhnya jiwa kewirausahaan perempuan dalam tujuan untuk menciptakan kemandirian ekonomi secara pribadi maupun keluarga.

Tak dipungkiri juga, bahwa dengan menjalankan sebuah bisnis, para perempuan juga bisa memiliki kemandirian secara finansial. Sayangnya, banyak perempuan yang hingga kini belum menyadari kemampuan mereka untuk berwirausaha. Berikut Accurate Online jabarkan mengapa perempuan lebih unggul terutama pada bisnis berdasarkan opini dari Pinky Saptandari, Staf Ahli Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak;

Ulet

Berdasarkan sebuah studi yang dilansir The American Psychological Association, perempuan memiliki sifat alamiah untuk lebih ulet dan lebih mampu berkonsentrasi terhadap suatu hal, sehingga lebih bisa menguasai hal-hal yang sulit. Hal-hal rinci dalam bisnis seperti urusan packaging, labeling, atau hal kecil lainnya sangat dipikirkan oleh perempuan sehingga hasil akhirnya pun dapat maksimal.

Networking

Dibandingkan dengan pria, perempuan memiliki keunggulan dalam hal networking. “Perempuan memiliki keunggulan dalam segi jaringan pemasaran, karena memiliki pergaulan yang luas,” ujar Pinky Saptandari, Staf Ahli Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Hal ini disebabkan perempuan secara alami memiliki kemampuan dan keluwesan dalam bersosialisasi sehingga lebih mudah untuk bisa menjaring konsumen.

Kreatif

Perempuan dinilai lebih jeli dalam melihat peluang bisnis, dan pandai menemukan celahnya dibandingkan dengan pria. Terkadang hal yang terterpikirkan oleh para pria dan dinilai merupakan langkah bisnis sepele, justru bisa mendatangkan keuntungan dan kesuksesan bila dilakukan oleh kaum perempuan.

Tidak mudah putus asa

Dalam berbisnis, perempuan dinilai lebih tangguh dan tidak mudah menyerah saat menghadapi kegagalan. “Perempuan itu ibarat akar tumbuhan yang terus mencari cara untuk tumbuh dan sukses,” tegas Pinky.

Ketika menghadapi kegagalan, perempuan memiliki daya juang yang tinggi dan lebih sabar untuk memulai segala sesuatunya dari titik nol. Seringkali ketika menghadapi masalah PHK, perempuan lebih tangguh dalam mencari cara untuk bisa bertahan dan mengesampingkan gengsinya untuk memulai usahanya dari bawah dibanding pria.

 

By |2017-04-21T15:21:50+00:00April 21st, 2017|Tips Accurate|0 Comments

About the Author:

Anak muda dari planet Bekasi

Leave A Comment