Instagram, Media Sosial Favorit Untuk Berbisnis (Part. 1)

Instagram, Media Sosial Favorit

Era digital yang kian berkembang, membuat masyarakat mulai menggeser kebiasaan-kebiasaan dalam berbagai aspek. Mereka berbondong-bondong untuk menggunakan fitur-fitur dengan sistem dasar menggunakan jaringan internet dalam hal kebutuhan sehari-hari, hingga kebutuhan seperti perbankan dan lain-lain.

Dalam dunia bisnis dan kemajuan dunia digital, penggunaan media sosial merupakan salah satu hal penting yang krusial sehingga penggunaannya perlu untuk dimanfaatkan secara optimal. Salah satu media sosial yang ramai digemari dan digunakan masyarakat adalah Instagram. Situs yang biasa diakses melalui smartphone ini memiliki fitur utama untuk berbagi foto dan video dalam resolusi tinggi, dan memungkinkan pengguna untuk menulis caption dengan karakter panjang.

Accurate Online sebagai software pembukuan berpredikat Top Brand Indonesia pun ikut memperhatikan tren tersebut. Terlebih lagi, data yang bersumber dari TNS Global menunjukkan bahwa negara Indonesia merupakan pengguna Instagram tertinggi setelah Jepang dan Brazil. Fakta-fakta lain yang menunjukkan aktifnya pengguna Instagram Indonesia adalah sebagai berikut:

  • 97 persen menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi yang lebih detail.
  • 89 persen pengguna Instagram di tanah air berada dalam rentang umur 18 – 34 tahun. 63 persen di antaranya merupakan perempuan
  • 85 persen pengguna Instagram di Indonesia juga membagikan posting mereka ke media sosial lain
  • 45 persen pengguna di Indonesia mengaku kerap membeli barang-barang yang mereka temui di Instagram

Melihat potensi besar pada media sosial tersebut, Instagram pun semakin memperluas dan mengembangkan fitur-fitur yang mereka miliki. Kini, setelah Facebook, Pinterest, dan Twitter yang memiliki fitur bisnis di dalamnya, Instagram pun sekarang ikut menyertakan fitur bisnis di dalamnya, sehingga memungkinkan brand untuk tidak hanya mengunggah foto produk di Instagram, namun juga sebagai media untuk membangun brand dari bisnis tersebut.

Konsumen melihat produk melalui Instagram tentunya menimbulkan sensasi yang berbeda saat melihatnya langsung pada toko. Hal ini bisa menjadi kelebihan, atau justru kekurangan. Namun, pada kenyataannya hal terebut tidak mengurangi minat calon konsumen untuk membeli barang melalui Instagram. Ditambah lagi dengan tidak perlu susah payah keluar rumah, mengeluarkan biaya transportasi, dan berletih-letihan antri dan mengelilingi pusat perbelanjaan. Ditambah lagi dengan kemampuan Instagram untuk mengunggah foto dalam kualitas bagus, atau High-Definition sehingga semakin memudahan calon konsumen menelaah kerincian dari suatu barang atau sekedar memanjakan mata.

Unggahan-unggahan yang ada pada media sosial brand Anda dapat dijadikan sebagai alat untuk mengingatkan konsumen atau calon konsumen untuk membeli, atau untuk mengunjungi halaman utama/ website sehingga memudahkan mereka untuk melakukan transaksi pembelian.

Anda juga dapat memainkan kalimat yang ada pada fitur caption sebuah foto untuk menjelaskan detail dari produk tersebut, atau sebagai alat persuasif agar calon pembeli semakin yakin untuk melakukan transaksi pembelian. Jangan lupa juga menulis sapaan terhadap calon pembeli agar semakin memiliki pendekatan secara personal terhadap brand yang Anda miliki.

Dengan mengoptimalkan media sosial, Instagram, Anda dapat pula meraih pendapatan lebih melalui program Accurate Digital Partner (ADP). Dengan menjadi ADP, Anda diberi peluang untuk menjual produk Software Accurate Online dengan sertifikasi sebagai Top Brand Indonesia karena banyak diminati oleh banyak brand. Join sekarang dan dapatkan keuntungannya.

By |2018-03-12T16:52:10+00:00April 5th, 2017|Tips Accurate|0 Comments

About the Author:

Anak muda dari planet Bekasi

Leave A Comment