Apa Sih yang di Maksud Dengan Bisnis Starup?

Apa Sih yang di Maksud Dengan Bisnis Starup? | Meskipun bisnis startup telah menjadi banyak topik pembicaraan, namun, masih banyak individu yang dibingungkan mengenai definisi kata startup.

apa sih yang di maksud dengan bisnis starup

Secara harfiah, startup merupakan serapan bahasa Inggris yang memiliki arti awal mula. Semakin berkembangnya waktu, startup diartikan sebagai perusahaan yang baru mulai beroperasi. Accurate Online, sebuah software pembukuan terpercaya Indonesia meriset, beberapa ciri yang dimiliki oleh perusahaan startup, diantaranya sebagai berikut:

Apa Sih Yang Di Maksud Dengan Bisnis Starup

• Pada umumnya bergerak pada bidang teknologi, website dan hal yang berbaur internet

• Usia perusahaan kurang dari 3 tahun

• Pendapatan kurang dari $ 100.000/tahun

• Dalam tahap berkembang

• Produk yang dibuat berupa aplikasi dalam bentuk digital

• Biasanya beroperasi melalui website

Kemunculan perusahaan startup di Indonesia pun tumbuh dengan angka yang cukup cemerlang. Setiap tahunnya, dunia bisnis semakin diramaikan oleh lahirnya founder-founder atau pemilik Startup baru, dengan jumlah sekitar 1.500 perusahaan startup lokal.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, telah berencana akan menghimpun dana US$ 1 miliar dari para pengusaha swasta untuk diinvestasikan ke startup digital Indonesia, yang dilanjutkan untuk melaksanakan pembangunan akses Internet sampai ke pelosok desa. Pemerintah juga membuka kesempatan kepada pengembang untuk menyediakan aplikasi digital yang bisa membantu perkembangan potensi desa, contohnya pada bidang pertanian atau kelautan. Dengan semakin naiknya pengguna internet di Indonesia, merupakan sebuah potensi lahan basah untuk pengusaha mendirikan perusahaan startup.

Fenomena menjamurnya perusahaan startup dimulai pada tahun 2010 saat Koprol (Foursquare versi Indonesia) diakuisisi oleh  Yahoo. Hal ini lah yang akhirnya berdampak besar pada gelombang startup di Indonesia. Di Bandung, gelombang perubahan tersebut sangat dirasakan. Hal ini dapat terlihat dengan semakin banyaknya komunitas teknologi yang bermunculan. Komunitas-komunitastersebut lantas berusaha untuk menciptakan sebuah startup sendiri, ataupun menaungi para founder startup yang ingin mendapatkan arahan maupun sumber daya.

Hal lain yang mendukung semakin banyaknya startup yang hadir, adalah dengan meningkatnya angka kelas menengah, dan semakin tingginya penjualan smartphone dengan harga terjangkau. Semakin banyaknya kelas menengah yang tumbuh, tentunya akan diikuti dengan tingginya daya beli dan konsumsi masyarakat, selain itu, dengan semakin terjangkaunya harga smartphone, akan semakin memudahkan berbagai kalangan masyarakat untuk mengakses dan melakukan berbagai transaksi dari banyak sektor, seperti perbankan, pembelanjaan, dan lain-lain yang erat kaitannya dengan potensi berdirinya sebuah perusahaan startup.

apa sih yang di maksud dengan bisnis starup, apa sih yang di maksud dengan bisnis starup, apa sih yang di maksud dengan bisnis starup, 

By | 2017-02-12T11:54:37+00:00 Februari 12th, 2017|Tips Accurate|0 Comments

About the Author:

Anak muda dari planet Bekasi

Leave A Comment