Potensi Besar Bisnis Waralaba Di Indonesia

Potensi Besar Bisnis Waralaba Di Indonesia | Pelaku bisnis pasti sudah tidak asing dengan istilah bisnis waralaba atau biasa disebut dengan istilah Franchise. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Waralaba memiliki arti kerja sama dalam bidang usaha dengan bagi hasil sesuai dengan kesepakatan, dan sekaligus pula memiliki hak kelola dan pemasaran.

Potensi Besar Bisnis Waralaba Di Indonesia

Jenis bisnis tersebut yang kini mulai digandrungi banyak orang, terutama segmen pasar anak muda. Accurate Online, sebuah Software Accounting terpercaya Indonesia mencatat, bahwa tren antusiasme terhadap waralaba tampak jelas pada acara Indonesia Franchise & SME Expo (IFSE) yang diadakan Jakarta Convention Center pada tahun 2016 lalu. Acara yang diikuti oleh 200 perusahaan dan 350 brand dari waralaba lokal dan internasional ini diharapkan agar pengusaha maupun calon pengusaha merasa tertarik untuk mempelajari model bisnis franchise sebelum mereka terjun secara penuh.

Menurut CEO Asosiasi Franchise Indonesia, Anang Sukandar, berpendapat bahwa sangat banyak anak muda yang merasa antusias dan ingin bergabung dengan bisnis waralaba ini sehingga diharapkan mereka akan banyak berkontribusi positif pada kemajuan ekonomi Indonesia. Sistem bisnis waralaba ini banyak dianggap sebagai bisnis yang kuat, bahkan saat krisis ekonomi melanda sebuah negara.

Tahun lalu, Indonesia memiliki 698 waralaba dengan jumlah omzet yang terus meningkat. Sebagai perbandingan, omzet industri waralaba pada tahun 2010 mencapai Rp114 triliun, dan pada tahun 2012 nilainya melonjak menjadi Rp 240 Triliun.

Tingginya nilai perputaran uang pada industri ini menjadi cermin betapa besar daya tarik industri waralaba dalam membantu perekonomian pelaku waralaba, sekaligus membantu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Saat ini beberapa pelaku waralaba Indonesia telah mampu menembus pangsa internasional, seperti contohnya brand Es Teler 77, Kebab Turki Baba Rafi, Alfamart, dan lain-lain, yang tentunya diharapkan akan semakin meningkat jenisnya setiap tahun.

Banyaknya antusiasme terhadap dunia bisnis waralaba membutuhkan pengusaha-pengusaha yang mahir pula mengatur sistem internal dengan skema otomatis, agar tidak dipusingkan dengan banyaknya cabang yang dimiliki oleh sebuah brand. Maka dari itu, banyak pengusaha yang menggunakan Accurate Online sebagai Software Akuntansi yang dapat mereka andalkan.

Selain karena basisnya yang telah menggunakan cloud, banyak dari fitur-fitur Accurate Online yang disukai para pengusaha, seperti cetak bukti potong PPH 23, export to Online Pajak, export to E-Faktur, export to E-SPT, dan lain-lain yang memungkinkan mereka untuk mengakses data tersebut di mana pun dan kapan pun.

Kontrol Bisnis Anda Dimanapun dan Kapanpun Hanya Dalam Genggaman Anda (Banner)

By | 2017-02-05T22:03:14+00:00 Februari 5th, 2017|Tips Accurate|0 Comments

About the Author:

Anak muda dari planet Bekasi

Leave A Comment