Perhatikan Faktor Ini Sebelum Memulai Bisnis Franchise | Franchise atau waralaba bukan merupakan hal yang baru dalam dunia bisnis Indonesia. Kemudahan-kemudahan seperti hak dan kebebasan dalam menjual produk atau jasa atas suatu merek tertentu dengan syarat yang sudah disepakati, dirasa banyak dimnati oleh banyak pengusaha.

Perhatikan Faktor Ini Sebelum Memulai Bisnis Franchise

Menurut CEO Asosiasi Franchise Indonesia, Anang Sukandar, berpendapat bahwa kini sangat banyak anak muda yang merasa antusias dan ingin bergabung dengan bisnis waralaba ini sehingga diharapkan mereka akan banyak berkontribusi positif pada kemajuan ekonomi Indonesia.

Sistem bisnis waralaba ini banyak dianggap sebagai bisnis yang kuat, bahkan saat krisis ekonomi melanda sebuah negara. Tahun lalu, Indonesia memiliki 698 waralaba dengan jumlah omzet yang terus meningkat. Accurate Online, sebuah software akuntansi berbasis cloud terpercaya Indonesia mencatat, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memberikan data bahwa omzet bisnis waralaba seluruh Indonesia setiap tahunnya mencapai angka Rp. 172 triliun.

Sebuah bisnis yang menggiurkan, bukan? Lalu, bagaimana jika Anda ingin memulainya? Berikut Accurate Online rangkumkan mengenai langkah apa saja yang perlu Anda ambil sebelum terjun pada dunia bisnis franchise:

Pilih Berdasarkan Minat

Sebelum memutuskan untuk menggeluti bisnis franchise, ketahui bahwa bisnis ini pun memiliki banyak jenis dan alur yang perlu Anda pelajari, seperti bisnis waralaba kuliner yang tentunya akan memiliki sistem kerja berbeda dengan waralaba berbentuk retail.

Gunanya, agar Anda menjadi familiar dengan alur kerja bidang tersebut, sehingga dapat Anda putuskan apakah merasa cocok atau justru Anda menjadi kurang tertarik. Pilih bisnis franchise yang kiranya cocok dengan minat dan passion Anda.

Memilih Brand

Saat ini beberapa brand yang sudah cukup dikenal masyarakat telah menjual hak intelektual merek mereka untuk dijadikan bisnis waralaba. Pilih brand yang sudah banyak dikenal masyarakat, sehingga akan lebih mudah untuk mendapatkan atensi konsumen.

Saat ini, Indonesia memiliki banyak variasi brand yang mewaralabakan hak kekayaan intelektual mereka, mulai dari bidang kuliner, cafe, minimarket, hingga tempat cuci kendaraan, seperti Kebab Turki Baba Rafi, Alfamart, Indomaret, Es Teler 77, Lele Lela, dan lain-lain.

Sesuaikan Dengan Modal yang Anda Miliki

Cocokkan pilihan bisnis waralaba dengan dana yang ingin diinvestasikan. Akan lebih baik jika Anda tidak selalu terpaku dengan harga franchise yang murah, terlebih lagi jika merek tersebut belum tentu dikenal dan disukai masyarakat. Hal ini disebabkan karena merek yang memiliki harga rendah kemungkinan besar belum memiliki branding yang kuat, sehingga masyarakat belum cukup familiar.

Memang umumnya merek dagang dengan nama yang dikenal masyarakat memasang harga relatif lebih tinggi, namun perhatikan juga keuntungan yang akan diraih karena nama tersebut sudah disukai dan akan dicari oleh konsumen.

Lokasi Usaha

Teliti dan pilih dengan baik lokasi yang ingin Anda jadikan tempat berbisnis, namun, meskipun lokasi memiliki peran dalam perkembangan usaha, pada zaman serba maju ini Anda tidak perlu terlalu kuatir, . Dengan adanya layanan antar yang dimiliki oleh penyedia jasa kurir seperti Go-Food, dan lain-lain, tentunya sangat membantu Anda untuk menjangkau konsumen dengan skala lebih besar.

cari tahu accurate online 1

Perhatikan faktor ini sebelum memulai bisnis franchise, Perhatikan faktor ini sebelum memulai bisnis franchise, Perhatikan faktor ini sebelum memulai bisnis franchise, Perhatikan faktor ini sebelum memulai bisnis franchise