8 Teknik Menggaet Pelanggan Setia

8 Teknik Menggaet Pelanggan Setia | Anda pasti tidak asing lagi dengan istilah ‘Pelanggan adalah Raja’. Tanpa adanya pelanggan, akan mustahil bisnis yang kita jalankan bisa berjalan dengan baik. Maka dari itu, banyak pengusaha yang menomor satukan pendapat pelanggan karena sukses atau tidaknya produk yang kita jual sangat bergantung pada hal tersebut.

8 Teknik Menggaet Pelanggan SetiaLalu, apa yang perlu kita raih setelah pelanggan merasa puas dengan produk kita?Anda tentu tidak ingin konsumen yang melakukan transaksi hanya sekali pada produk Anda, bukan? Lalu, bagaimana membuat pelanggan-pelanggan tersebut menjadi setia dan kembali melakukan membeli produk kita?

8 Teknik Menggaet Pelanggan Setia

  1. Hargailah Pelanggan

Setelah konsumen mengonsumsi produk atau menggunakan jasa Anda, mereka pasti memiliki pendapat atau bahkan kritik jika mereka kurang terkesan pada brand Anda. Dengarkan dan catat baik-baik, apalagi jika feed back yang diberikan pada Anda berupa keluhan, dan sering dilontarkan oleh beberapa konsumen.

Bisa jadi hal tersebut yang dapat menghambat keberhasilan brand Anda. Jangan tunda terlalu lama untuk mengevaluasi hal tersebut, segera perbaiki agar kesalahan tersebut tidak terulang, karena jika Anda terlalu lama merubahnya, justru akan membuat konsumen menjadi malas melakukan transaksi kembali pada perusahaan Anda.

Begitu pula dengan tanggapan positif, ingat baik-baik apa yang membuat pelanggan terkesan sehingga ke depannya Anda dapat mempertahankan hal positif tersebut, dan justru meningkatkannya dengan tujuan agar konsumen konsumen selalu merasa puas. Tanamkan juga pada karyawan agar mementingkan apa opini pelanggan ke dalam Standard Operating Procedure atau biasa disingkat dengan SOP.

  1. Jadikan Pelanggan Seperti Tamu Istimewa

Saat pengunjung melakukan transaksi, perlakukan mereka secara istemewa, beberapa caranya adalah dengan merespon permintaan mereka secara ramah, bahkan jika memungkinkan, ingat nama mereka. Buat mereka merasa penting dan spesial bagi brand Anda. Dengan begitu, diharapkan pelanggan akan merasa nyaman dengan perilaku kita dan menjadikan brand Anda sebagai favorit.

Perhatikan juga permintaan-permintaan pengunjung dan jika bisa, usahakan untuk mewujudkannya. Dengan excellent service yang Anda beri, pelanggan akan merasa kebutuhannya diutamakan sehingga dengan sendirinya brand Anda memberikan citra yang baik di mata konsumen.

  1. Memiliki Produk atau Jasa Berkualitas Dengan Harga Terjangkau

Setiap pelanggan selalu ingin mendapatkan produk atau jasa yang berkualitas, namun dengan harga yang terjangkau. Dengan selalu menjaga produk dan jasa yang berkualitas namun dengan harga yang relatif murah, maka hal ini dapat menjadi salah satu trik untuk mendapatkan pelanggan yang setia.

Bahkan umumnya, hal ini lah yang akan menjadi bahan pembicaraan konsumen terhadap orang di sekitarnya sehingga dengan sendirinya brand Anda mendapat publisitas secara cuma-cuma. Cara mematok harga Anda, tulis daftar produk pesaing Anda dan berapa harga yang mereka tetapkan. Dengan data tersebut, Anda bisa meletakkan harga lebih murah dibanding competitor, sehingga menjadi pilihan terbaik bagi calon konsumen.

  1. Berikan Reward Kepada Pelanggan Setia

Anda bisa memberikan reward kepada para pelanggan setia dengan memberikan diskon atau hadiah tertentu. Tentunya, cara ini bisa membuat pelanggan untuk kembali melakukan transaksi pada brand Anda. Cara ini pun sudah dilakukan oleh banyak start-up e-commerce di Indonesia dan di dunia. Ketika pelanggan masuk ke website e-commerce tersebut, mereka akan langsung disuguhkan pada fitur promo menarik.

Contoh lainnya, jika Anda memiliki usaha tempat cuci kendaraan, berikan bonus berupa satu kali Gratis cuci jika sebelumnya pelanggan telah melakukan transaksi sebanyak 8-10 kali di tempat anda. Pasti membuat pelanggan Anda semakin tertarik, bukan?

  1. Selalu Bangun Networking

Perbanyak untuk mengenal berbagai jenis masyarakat terutama yang berpotensi sebagai calon pelanggan Anda, atau yang memiliki kemungkinan untuk mengadakan kerja sama dengan brand Anda. Jangan batasi jangkauan pertemanan Anda, kita tidak pernah tahu kepada siapa kita akan membutuhkan bantuan, bukan? Jangan lupa untuk mengadakan partnership dengan perusahaan lain non-competitor namun masih sebidang dengan bisnis Anda.

Seperti contoh, jika Anda memiliki bisnis jual beli peralatan memasak, coba buat kerja sama dengan perusahaan makanan cepat saji yang kiranya akan membutuhkan brand Anda di dalam proses pembuatannya. Selain membuka peluang calon konsumen yang semakin luas, Anda akan semakin mengenal banyak kalangan dengan berbagai kebutuhannya yang dapat Anda pelajari.

  1. Melakukan Survei Berkala

Ada baiknya setiap beberapa bulan sekali untuk melakukan survei secara berkala mengenai tingkat kepuasan konsumen, atau mengenai prilaku konsumen dalam mengkonsumsi suatu produk. Sebarkan koesioner melalui offline maupun online terhadap pelanggan lama maupun pembeli baru. Dengan cara ini, anda dapat dengan segera memperbaiki keluhan mereka yang menjadi sisi negatif dari brand Anda.

Hal ini yang akan membuat pelanggan tetap setia untuk bertransaksi pada perusahaan Anda. Selain itu juga, coba untuk perluas pertanyaan yang ada pada kuesioner Anda, seperti habit saat berbelanja, apakah mereka lebih gemar melakukan pemesanan secara online atau justru datang langsung ke tempat toko Anda.

Ajukan juga pertanyaan seperti pembayaran yang mereka pilih, lebih nyaman dalam bentuk cash atau justru debit card. Hal-hal seperti ini lah yang dapat membantu Anda untuk melayani customer lebih baik lagi.

  1. Perbanyak Barang Atau Jasa Yang Dijual

Umumnya, semakin banyak variasi yang Anda berikan, semakin pula orang tertarik unutk membelinya. Perbanyak ragam produk Anda, akan menghindari pelanggan yang merasa bosan dan beralih pada brand lain.

Selain itu juga, dengan banyaknya jenis barang atau jasa yang Anda tawarkan, akan membuat bisnis Anda menjadi satu tempat segala ada yang dapat memenuhi banyak keinginan konsumen, sehingga dapat membantu pelanggan menghemat waktu dan juga biaya. Hal ini juga pada akhirnya akan memupuk kesetiaan pengunjung terhadap produk Anda yang jelas akan menguntungkan Anda dan konsumen.

  1. Berikan Nilai Lebih, Jangan Cuma Harga

Jika anda menawarkan harga terbaik kepada pelanggan, ada kemungkinan bahwa pesaing anda juga dapat melakukan hal tersebut. Maka anda pun harus bisa memberikan nilai lebih dari harga yang anda tawarkan. Nilai tersebut dapat berupa hal-hal yang berbeda dari pesaing Anda, seperti contohnya, setiap pembelian produk Anda, disertai dengan donasi 5% untuk Panti Asuhan atau kaum yang tidak mampu.

Atau bisa juga dengan mengedukasi konsumen bahwa produk Anda dibuat dengan bahan alami, tanpa memakai bahan kimia berbahaya dan tidak mencemari lingkungan. Tunjukkan juga bukti statement Anda dengan video atau foto untuk mendukung nilai Anda. Dengan begitu, akan timbul rasa simpati dan empati konsumen terhadap nilai produk Anda, dan dengan sendirinya citra positif akan terbentuk dari sudut pandang konsumen.

Masih banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan kesetiaan dari pelanggan. Ketika sudah mendapatkannya, hal lain perlu Anda tingkatkan, seperti sistem internal yang kuat agar setiap transaksi berjalan lancar. Salah satu caranya,  Anda tidak perlu lagi melakukan transaksi secara manual.

Anda bisa menggunakan Accurate Online untuk memperlancar setiap transaksi pembukuan.
Accurate Online akan membantu anda dengan mudah tanpa harus menghitung ulang seluruh transaksi yang dilakukan setiap harinya. Kunjungi www.SolusiUKM.com untuk tahu potongan harga yang diberikan, khusus untuk Anda.

cari tahu accurate online 1

8 Teknik Menggaet Pelanggan Setia, 8 Teknik Menggaet Pelanggan Setia, 8 Teknik Menggaet Pelanggan Setia, 

Share Artikel ini Agar lebih Banyak Yang Merasakan Manfaatnya

 

By | 2018-01-18T23:57:30+00:00 Januari 11th, 2017|Tips Accurate|0 Comments

About the Author:

Anak muda dari planet Bekasi

Leave A Comment