Tips Berhasil Mengelola Keuangan Usaha

Tips Berhasil Mengelola Keuangan Usaha | Bisnis tanpa sebuah manajemen yang baik merupakan hal yang mustahil untuk berjalan dengan lancar. Setiap bisnis akan berhasil jika mengikuti aturan dan pola manajemen yang telah disusun baik dan cocok untuk perusahaan tersebut.

tips berhasil mengelola keuangan usaha

Banyak elemen dari sebuah manajemen yang dapat diasah karena sifatnya yang krusial, salah satunya adalah manajemen keuangan. Manajemen keuangan merupakan suatu komponen yang sangat penting untuk mengetahui apakah sebuah bisnis menghasilkan laba atau justru merugi. Selain itu, manajemen keuangan dibutuhkan untuk acuan pengusaha agar dapat mengelola aset yang dimiliki.

Buruknya sebuah manajemen keuangan dapat membuat bisnis anda merugi bahkan gulung tikar. Tidak ingin, kan, hal ini terjadi pada Anda?

Berikut Accurate Online sajikan langkah-langkah agar manajemen bisnis anda menjadi lebih baik dan teratur.

Tips Berhasil Mengelola Keuangan Usaha

Rencanakan Keuangan

Sebelum memulai sebuah usaha, atau jika usaha anda sudah berjalan, jangan lupa untuk merencanakan pengeluaran  keuangan untuk sebulan ke depan. Hal ini termasuk pengeluaran gaji karyawan, biaya sewa toko (jika ada) maupun modal atau bahan baku produk anda atau jasa. Jangan lupa juga untuk memisahkan antara dana pribadi dan dana kas perusahaan.

Jangan Mudah Menyerah Ketika Tidak Ada Modal

Dalam berbisnis, terdapat hal lain yang tidak kalah pentingnya, seperti dasar mental yang kuat. Banyak para pengusaha yang menganggap gagalnya usaha karena modal yang tidak cukup. Padahal, jika kita membaca kisah pengusaha sukses lain, banyak yang memiliki sejarah minim modal namun selalu mendapatkan profit besar.

Salah satunya dengan mengikuti Affiliate Marketing dan menjadi Accurate Digital Partner. Dengan menjadi Accurate Digital Partner, anda tidak diharuskan untuk memiliki modal tinggi, bahkan cenderung bermodalkan sangat minimal namun memiliki profit yang tinggi.

kampanye anti jobless

Mengelola Arus Kas

Jika anda memiliki hutang, maka anda harus memikirkan bagaimana arus kas usaha yang anda miliki bisa digunakan untuk membayar hutang. Tidak hanya itu, arus kas juga diharapkan dapat digunakan untuk menjaga persediaan barang-barang kebutuhan usaha.

Bagaimana arus kas yang ada harus bisa diputar untuk terus mempertahankan setiap kesediaan stok barang atau bagaimana menambah stok barang setiap hari, minggu, maupun bulan.

Mencatat Setiap Keuntungan Dan Kerugian Secara Berkala

Pengusaha yang baik adalah mereka yang memiliki catatan keuntungan dan juga kerugian secara berkala. Dengan mencatat keuntungan dan kerugian, maka anda mengetahui ke mana uang anda keluar dan masuk.

Jangan lupa untuk melakukan kecocokan saldo dengan catatan yang anda miliki saat melakukan tutup buku baik dalam harian, mingguan, maupun bulanan. Dengan adanya tercatatnya buku maka anda bisa memastikan setiap uang yang ada dalam usaha yang anda miliki.

Gunakan Software Untuk Mencatat Keuangan

Anda bisa mencatat setiap transaksi bisnis yang anda miliki dengan sebuah software. Pilih software yang aman dan terbukti telah berdiri sejak bertahun-tahun sehingga anda tidak perlu khawatir terhadap kualitas produk tersebut.

Accurate Online solusinya. Dengan menggunakan Software Accurate Online, setiap transaksi dalam bisnis anda dapat anda masukkan dengan mudah dan nyaman. Bahkan tidak perlu memantau di tempat setiap saat karena Accurate Online adalah sebuah software berbasis cloud sehingga anda hanya perlu mengawasi lewat smartphone di mana pun dan kapan pun.

klik accurate online

Sisihkan Keuntungan Untuk Pengembangan Usaha

Anda pasti tergitur membelanjakan keuntungan usaha anda untuk keperluan bersenang-senang. Keuntungan usaha memang dapat Anda gunakan untuk keperluan pribadi, namun tidak seharusnya Anda habiskan hanya demi memenuhi hasrat diri anda. Anda harus bisa menyisihkan setiap keuntungan untuk pengembangan usaha anda.

Jika usaha semakin besar, maka laba yang akan didapat juga akan tinggi, bukan? Keuntungan usaha Anda juga dapat anda gunakan untuk mencoba bisnis pada bidang lain, agar jika bisnis pertama Anda sedang sepi laba, masih ada bisnis lain yang dapat diandalkan.

Hindari Berhutang

Banyak pengusaha yang selalu ingin usaha yang dimilikinya terlihat maju. Maka berbagai cara pun ia lakukan, salah satunya dengan berhutang. Biasanya para pengusaha meminjam uang kepada bank karena tawaran bunga yang rendah.

Memang tidak salah jika anda berhutang untuk penggembangan usaha, namun ketika ekonomi melambat dan usaha anda terkena dampaknya, hutang yang anda miliki bisa memperberat penggeluaran yang ada. Ketika berhutang, anda juga harus memikirkan membayar bunga yang tertanggung dalam hutang tersebut.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengelola keuangan bisnis, sehingga keuangan perusahaan Anda bisa dikelola dengan baik. Tips tersebut mungkin akan terasa berat saat dijalankan saat pertama kali, namun dengan berjalannya waktu, tis tersebut akan berguna dan membantu perkembangan bisnis anda dengan pesat.

tips berhasil mengelola keuangan usaha, tips berhasil mengelola keuangan usaha,

Share Artikel ini Agar lebih Banyak Yang Merasakan Manfaatnya

By |2018-01-18T23:52:54+00:00Januari 9th, 2017|Tips Accurate|0 Comments

About the Author:

Anak muda dari planet Bekasi

Leave A Comment