Pelaporan Keuangan Berbasis Akrual (Accrual Basis)

Apa sih Pelaporan Keuangan Berbasis Akrual (Accrual Basis) itu?
Basis Akrual adalah “penyandingan pendapatan dan biaya pada periode di saat terjadinya”, bukan pencatatan pada saat pendapatan tersebut diterima ataupun biaya tersebut dibayarkan (Cash Basis).

Ada dua metode pencatatan akuntansi, berbasis kas dan berbasis akrual. Akuntansi berbasis kas berarti hanya mencatat transaksi pada saat terjadinya transaksi kas.

pelaporan keuangan berbasis akrual

Pelaporan Keuangan Berbasis Akrual

Akuntansi berbasis akrual selain mencatata transaksi pengeluaran dan penerimaan kas, juga mencatat jumlah hutang dan piutang organisasi. Oleh karena itu, akuntansi berbasis akrual memberikan gambaran yang lebih akurat atas kondisi keuangan organisasi daripada akuntansi berbasis kas. Namun, jelas bahwa catatan menggunakan basis akrual lebih kompleks daripada basis kas.
Lebih jauh lagi, basis akrual mendukung penggunaan anggaran sebagai teknik pengendalian. Karena pada basis kas, pembayaran hanya direkam jika hal itu telah dilakukan, sementara pembayaran kewajiban dapat dilakukan dengan jarak waktu tertentu setelah timbulnya kewajiban itu sendiri. Untuk alasan penganggaran, organisasi dapat lebih baik menggunakan akuntansi berbasis akrual.

Untuk mengadopsi akuntansi basis akrual, organisasi akan memerlukan informasi seperti pendapatan atas investasi yang belum jatuh tempo. Organisasi juga akan memerlukan informasi mengenai kewajiban keuangan masa depan yang dapat diperkirakan jumlahnya. Dengan komputerisasi sistem akuntansi, upaya yang diperlukan untuk menjaga informasi ini dapat dilakukan secara memadai.

Bagaimana Basis Akrual diterapkan di NGO?

Karena karakteristik NGO dan juga jenis MoU yang kesepakatannya dibangun bersama dengan donator/grantor, maka NGO belum mencatat Pendapatan atas Piutang pada saat penandatanganan MoU.

Untuk tujuan pelaporan seusai PSAK 45, pendapatan dari kontribusi dan sumbangan hibah, dicatat sebagai Pendapatan pada saat diterimanya dana.
Semoga bermanfaat.

Share Artikel ini Agar lebih Banyak Yang Merasakan Manfaatnya

pelaporan keuangan berbasis akrual, pelaporan keuangan berbasis akrual, pelaporan keuangan berbasis akrual, 

By | 2016-12-28T16:18:30+00:00 Desember 28th, 2016|Tips Accurate|0 Comments

About the Author:

Anak muda dari planet Bekasi

Leave A Comment